July 24, 2020

Dituduh Mencuri Rahasia Perusahaan, Tesla Gugat Startup Kendaraan Listrik

Penulis: Rizki Romdoni
Dituduh Mencuri Rahasia Perusahaan, Tesla Gugat Startup Kendaraan Listrik  

Mobitekno – Tesla menggugat pabrikan mobil listrik Rivian, karena mencuri rahasia dagang dan karyawan. Dalam dokumen pengadilan yang diajukan pekan ini dan diterbitkan oleh Electrek, Tesla menuduh Rivian merekrut karyawannya dengan tujuan mencuri rahasia dagang Tesla.

Pada gugatan itu, Tesla mengakui bahwa hanya merekrut pekerja Tesla ke startup saingan. Sebenarnya, ini merupakan perilaku kompetitif yang sah, akan tetapi perusahaan kembali mengklaim telah melihat “pola yang mengkhawatirkan” di antara mereka yang baru-baru ini meninggalkan perusahaan ke startup mobil listrik.

“Rivian menginstruksikan seorang karyawan Tesla yang belum lama keluar, tentang jenis-jenis informasi rahasia Tesla yang dibutuhkan Rivian,” klaim Tesla dalam gugatan.

Tesla mengatakan menemukan tiga karyawan lain mengambil informasi rahasia yang sangat berharga saat mereka berangkat ke Rivian. Gugatan itu juga mencatat bahwa lebih dari selusin perekrut Rivian adalah mantan karyawan Tesla. Dengan demikian, bisa dikatakan mereka terbiasa dengan jenis informasi yang dapat diakses karyawan Tesla.

Rivian electric pickup truck

Dalam sebuah pernyataan, seorang juru bicara Riviere menyebut klaim Tesla tidak berdasar.

“Kami mengagumi Tesla atas kepemimpinannya dalam mengatur ulang harapan tentang apa yang bisa terjadi dengan mobil listrik,” kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan kepada Engadget.

“Rivian terdiri dari tim berkinerja tinggi, digerakkan oleh misi, dan model serta teknologi bisnis kami didasarkan pada bertahun-tahun pengembangan teknik, desain, dan strategi. Ini membutuhkan kontribusi dan pengetahuan ribuan karyawan dari seluruh teknologi dan ruang otomotif. Setelah bergabung dengan Rivian, kami mengharuskan semua karyawan untuk mengonfirmasi bahwa mereka belum, dan tidak akan, memperkenalkan kekayaan intelektual mantan majikan ke dalam sistem Rivian. Tuduhan gugatan ini tidak berdasar dan bertentangan dengan budaya, etos, dan kebijakan perusahaan Rivian.”

Hingga artikel ini dibuat, Tesla belum menanggapi dengan komentar apapun.

Tags: , , , ,


COMMENTS