July 20, 2020

Digulirkan Saat Pandemi, Kompetisi IGC 2020 Malah ‘Membakar’ Animo Pegiat Mobile Gaming

Penulis: Rizki Romdoni
Digulirkan Saat Pandemi, Kompetisi IGC 2020 Malah ‘Membakar’ Animo Pegiat Mobile Gaming  

Mobitekno – Pergelaran kompetisi Indonesia Games Championship (IGC) 2020 yang dihadirkan Telkomsel melalui Dunia Games sudah diikuti 31.442 peserta yang tersebar dari seluruh wilayah di Indonesia. Melalui gelaran tersebut, Melihat antusiasme tersebut, Dunia Games berkomitmen untuk mengembangkan industri mobile gaming yang positif, yang diwujudkan dengan penguatan ekosistem e-Sport di Indonesia.

Upaya tersebut melengkapi konsistensi Dunia Games dalam menjalankan empat pilar utama layanannya yang meliputi portal media komunitas, penerbit game, penyelenggara kompetisi, dan layanan pembayaran. Keempatnya menjadi rangkaian penegasan komitmen Telkomsel dalam menjalankan roadmap menjadi penyedia layanan digital terdepan di Indonesia.

General Manager Games and Publishing Telkomsel Auliya Ilman Fadli mengungkapkan bahwa Telkomsel terus memaksimalkan perannya sebagai society enabler dengan memaksimalkan aset digital perusahaan untuk menghubungkan komunitas dalam ekosistem e-Sport di Indonesia melalui Dunia Games.

“Di masa pandemi ini, Dunia Games juga berkolaborasi dengan Garena dalam merancang agar kompetisi IGC 2020 tetap dapat diselenggarakan secara online,” kata Aulya.

Sejak bergulir pada Mei 2020 lalu, penyelenggaraan IGC 2020 menjadi sangat istimewa, karena walaupun terselenggara di tengah situasi pandemi, kompetisi ini justru mampu menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan penyelenggaraan pada dua edisi sebelumnya.

Business Development – Esports Manager Garena Indonesia Wijaya Nugroho menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun pertumbuhan gaming dan e-sports di Indonesia sangat luar biasa. Antusias dari ekosistem gaming dan e-sports di Indonesia tak terbendung.

“Maka dari itu, ekosistem gaming dan Esports perlu berkolaborasi untuk menjaga pertumbuhan ekosistem esports di Indonesia. Garena telah menjalani sejumlah kerja sama strategis bersama Telkomsel dan Dunia Games, salah satunya dengan menggelar kompetisi Indonesia Games Championship 2020 dan Dunia Games Golden Ticket FFIM 2019. Kami akan sangat senang dapat memperluas lingkup kolaborasi kami dengan Telkomsel dan Dunia Games supaya dapat bersama-sama memajukan ekosistem esports di Indonesia.” kata Wijaya.

Jumlah peserta IGC 2020 tercatat meningkat sebesar 51% dibandingkan dengan IGC 2019, dan sekitar 190% jika dibandingkan dengan awal penyelenggaraannya pada tahun 2018. Hingga saat ini, secara keseluruhan sekitar 31.442 peserta yang terbagi menjadi 7.234 tim telah berpartisipasi dalama gelaran IGC 2020, dimana lebih dari 1.200 diantaranya adalah peserta perempuan yang terbagi dalam 300 tim.

Di samping itu, keikutsertaan peserta dalam IGC 2020 juga semakin meluas, dimana keseluruhan peserta berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia. Sebaran peserta IGC 2020 cukup merata di wilayah Kalimantan, Papua & Maluku, serta Bali & Nusa Tenggara yang masing-masing diwakili oleh lebih dari 350 tim atau sekitar 1.500 peserta.

Sedangkan wilayah Sulawesi dan Sumatera masing-masing diwakili oleh sekitar 450 tim atau 1.900 peserta, dan 1.000 tim atau 4.300 peserta. Pulau Jawa tetap menjadi wilayah yang menyumbang jumlah peserta terbesar, yaitu sebanyak 2.191 tim atau 9.225 peserta.

“Tumbuhnya jumlah peserta, keikutsertaan peserta perempuan, serta meluasnya sebaran perwakilan peserta IGC 2020 dari berbagai wilayah di Indonesia ini semakin menambah optimisme Telkomsel dalam melanjutkan komitmen membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia,” tambah Auliya.

IGC 2020 sendiri mempertandingkan empat game, yaitu League of Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor. Kompetisi tersebut telah memasuki babak kualifikasi nasional dan akan menggelar Grand Final pada akhir Agustus mendatang. Rangkaian kegiatan IGC 2020 yang diselenggarakan secara online dapat disaksikan di berbagai kanal digital Dunia Games serta aplikasi MAXstream.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS