August 12, 2020

Galaxy Note20 Series Punya Paduan S Pen dan Samsung Notes yang Semakin Kompak Dukung Produktivitas Maksimal

Penulis: Desmal Andi
Galaxy Note20 Series Punya Paduan S Pen dan Samsung Notes yang Semakin Kompak Dukung Produktivitas Maksimal  

Mobitekno – Sejak kelahirannya di tahun 2011, Galaxy Note Series memang hadir sebagai phablet yang didesain untuk mendukung produktivitas penggunanya. Oleh sebab itu, produk ini pun selalu hadir dengan layar yang besar sehingga nyaman jika digunakan untuk mengerjakan banyak dokumen. Selain itu, di setiap seri Galaxy Note, Samsung selalu menyertakan stylus spesial yang mereka namakan S Pen, membuat berbagai aktivitas dengan phablet ini semakin nyaman. Dan, di Galaxy Note20 Series terbaru, fungsi S Pen semakin fleksibel karena Samsung telah meningkatkan performanya.

“Salah satu fitur khas yang dimiliki oleh Note Series adalah S Pen-nya. Pada Samsung Galaxy Note20 ini kami telah memberikan peningkatan pada performa dan fitur dari S Pen sendiri. Mulai dari performa, kami telah meningkatkan latency dari S Pen yang memberikan anda pengalaman menulis pada Galaxy Note20 layaknya menulis pada secarik kertas,” ujar Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

“Selain itu kami juga menambahkan beberapa gerakan baru pada Air Gesture di S Pen, kemampuan untuk membuat folder, sinkronisasi otomatis, serta Audio Bookmark pada Samsung Notes. Peningkatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menjalankan aktivitasnya menggunakan Samsung Galaxy Note20 Series,” lanjut Taufiqul Furqan.

Selain layar, Samsung juga selalu memberikan kapasitas baterai yang cukup besar, untuk memastikan pengguna bisa memanfaatkan phablet ini dengan durasi lebih lama. Pekerjaan apapun bisa dilakukan di Galaxy Note20 Series.

Salah satu peningkatan performa yang dilakukan Samsung dengan S Pen terbaru di Galaxy Note20 Series adalah dari sisi latency. S Pen terbaru kini dibuat dengan Super Low Latency, dimana untuk Galaxy Note20 memiliki latency 26ms. Sementara untuk Galaxy Note20 Ultra latency-nya bahkan mencapai 9ms. Bayangkan, peningkatan ini cukup signifikan jika dibandingkan Galaxy Note10 Series sebelumnya yang masih memiliki latency S Pen 46ms. Ditunjang dengan layar yang memiliki refresh rate 120Hz, tentunya aktivitas dengan di layar Galaxy Note20 Series semakin nyaman di mata.

Tidak hanya S Pen, Samsung juga meningkatkan performa Samsung Notes (S Notes), terutama pada fitur Handwriting to Text dan Screen-Off Memo. Bahkan, Samsung juga menambahkan fitur Audio Bookmark dimana pengguna bisa menandai sebuah bagian teks dengan catatan suara. Fleksibilitas Samsung Notes juga semakin baik dalam mendukung banyak format file, seperti sinkronisasi dengan file-file PPT, Word, maupun PDF.

Performa S Notes Mempermudah Pekerjaan di era New Normal

Setelah PSBB beralih menjadi PSBB Transisi, tentunya banyak perusahaan dan pelaku usaha perlahan menjalankan bisnisnya kembali. Aktivitas kerja pun turut berubah. Walaupun sebagian besar masih menerapkan Work From Home, tetapi Anda harus siap untuk mengerjakan tugas atau aktivitas kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Di sinilah peran S Notes bisa mendukung situasi tersebut. Anda bisa mencatat tugas dadakan yang diberikan perusahaan dengan cepat tanpa harus membuka salah satu aplikasi di dalam Galaxy Note20 Series. Cukup ketuk layar, Anda sudah bisa menulis catatan tanpa harus membuka lockscreen. Hasilnya pun secara otomatis akan disimpan dalam S Notes Anda.

Bagaimana jika Anda diminta juga untuk mengedit sebuah file secara dadakan? Tenang saja, karena Galaxy Note20 Series mendukung aktivitas on-the-go. Mengedit file PDF, Word, atau PPT bisa langsung dikerjakan melalui S Notes ini. Sinkronisasi file-file tersebut kini semakin baik. Anda bisa mengimpor file PDF ke S Notes dengan menggunakan Page View. Selanjutnya, Anda bisa langsung bekerja, seperti menambahkan catatan, memberikan komentar, meletakkan foto, hingga menandai tulisan dengan cepat melalui S Pen.

S Pen
S Pen yang menjadi ciri khas setiap Galaxy Note, termasuk pada Galaxy Note20 Series ini

Audio Bookmark yang menawarkan cara baru dalam memberikan catatan di S Notes

Ada perbedaan yang diberikan Samsung antara Galaxy Note20 Series dengan seri sebelumnya di S Notes ini. Untuk mempermudah dalam memberikan catatan saat menggunakan S Notes, Samsung pun menambahkan fitur Audio Bookmark di dalamnya. Fitur ini bisa menandai sebuah catatan dengan perintah suara.

Melalui Audio Bookmark, kini Anda tidak akan lupa mengenai satu atau dua catatan penting di tengah laporan rapat yang dibuat oleh S Notes. Audio Bookmark dapat memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronkan dengan tulisan yang Anda buat di saat yang bersamaan. Jadi, jika Anda lupa salah satu poin penting dalam rapat, Anda tidak perlu khawatir lagi. Cukup tekan tombol Play pada sisi kanan atas S Notes, lalu dilanjutkan dengan mengetuk poin penting dengan S Pen, secara otomatis S Notes akan memainkan Voice Notes di bagian yang Anda ketuk tadi. Ini dapat mempermudah untuk mengingat poin-poin penting dari hasil sebuah pembicaraan yang tercatat dalam S Notes.

Satu hal lagi yang menarik dari paduan S Pen dan S Notes ini ada pada fungsi perbaikan tulisan. Seringkali, karena terburu-buru dalam mencatat untuk poin-poin penting, tulisan pun menjadi berantakan. Tenang saja, tulisan yang miring, tidak teratur, atau berantakan, bisa dirapikan oleh S Notes. Hal ini berkat adanya fitur Auto Straightens.

Duet S Pen dan S Notes di Fitur Folder dan Auto Synchronize Bisa Bantu Rapikan Dokumen

Pekerjaan yang banyak dan aktivitas yang sibuk, seringkali membuat Anda lupa dengan beberapa dokumen penting pekerjaan. Samsung mempelajari karakteristik banyak pengguna Galaxy Note sebelumnya sehingga dari berbagai masukan, Samsung membawa fitur Folder ke dalam S Notes. Fitur ini bisa meletakkan berbagai macam catatan atau dokumen yang dibuat dengan S Notes dalam berbagai folder yang Anda buat. Dengan cara ini, penyimpanan dokumen akan lebih rapi, seperti dalam perangkat PC atau laptop. Dokumen menjadi lebih mudah dicari karena telah dikelompokkan dalam folder-folder tertentu.

Samsung juga memberikan fitur Auto Synchronize di dalam S Notes. Fitur ini bisa menyelaraskan keberadaan sebuah dokumen penting pada perangkat Galaxy Note20 Series lainnya. Dengan begitu Anda pun bisa memastikan semua perangkat akan memiliki file yang sama. Setiap ada perubahan pun, sinkronisasi akan langsung berjalan sehingga dokumen atau catatan di perangkat lain akan ter-update secara otomatis.

“Setiap peningkatan yang kami lakukan pada setiap perangkat Samsung merupakan hasil riset kami dari fitur-fitur yang paling diinginkan oleh para pengguna perangkat-perangkat kami. Samsung selalu menaruh prioritas utama pada kenyamanan pengguna untuk dapat melakukan hal apapun yang mereka cintai dengan lebih baik lagi,” tutup Taufiq.

Taufiqul Furqan (kiri) saat menjelaskan kemampuan terbaru S Pen di Galaxy Note20 Series

Samsung Galaxy Note20 Series dengan memiliki paduan maut S Pen dan S Notes ini telah hadir sejak 5 Agustus 2020. Bagi Anda yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series ini, Samsung sudah membuka pemesanan melalui sistem pre-order dan sudah dibuka sejak 6 Agustus 2020 hingga 19 Agustus 2020. Adapun detailnya sebagai berikut:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp 14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp 2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp 17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp 19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp 2.599.000  

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan bank cashback hingga Rp 1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah melakukan Handraiser dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp 699.000.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs pre-order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS