August 10, 2020

Empat Alasan Ini Bikin Samsung Galaxy Note20 Series Optimal Mendukung Produktivitas, Kamu Harus Punya!

Penulis: Desmal Andi
Empat Alasan Ini Bikin Samsung Galaxy Note20 Series Optimal Mendukung Produktivitas, Kamu Harus Punya!  

Mobitekno – Baik Samsung Galaxy Note20 maupun Samsung GalaxyNote20 Ultra dibekali inovasi-inovasi terbaik dari Samsung. Oleh sebab itu, dua smartphone yang barus aja diluncurkan ini bisa dimanfaatkan, baik untuk menunjang produktivitas, mapun bermain serta menonton tayangan multimedia.

Di zaman modern dan digital seperti saat ini, produktivitas memang sudah seharusnya ditunjang oleh perangkat mobile yang andal dan kencang. Kecepatan transfer data, menangkap sinyal, melakukan proses komputasi, hingga kemudahan pengoperasian menjadi kunci sebuah perangkat bisa digunakan optimal atau tidak untuk menunjang produktivitas penggunanya. Apalagi jika ditambah fungsi untuk bermain game atau mengakses file-file multimedia. Tentunya fitur, inovasi terbaru, dan teknologi menjadi hal yang penting. Dan, semua ini ada di kedua Galaxy Note20 Series.  

Beragam fitur menarik ini pun sempat dijelaskan oleh Samsung dalam virtual event Galaxy Unpacked 5 Agustus 2020. Namun, Mobitekno mencatat ada empat alasan penting mengapa Galaxy Note20 Series ini layak untuk dimiliki, terutama untuk menunjang produktivitas di situasi New Normal dan aktivitas Work From Home. Berikut ini empat alasan yang dicatat Mobitekno:

1. Performa yang Baik dari prosesor Exynos 990

Samsung menggunakan prosesor Exynos 990 yang telah dioptimalkan untuk mendukung performa Galaxy Note20 Series ini. Selain itu, Samsung juga menggunakan memori jenis LPDDR5 terbaru untuk mendukung performa prosesor. Paduan Exynos 990 dan memori 8GB LPDDR5 ini tentunya membuat performa Galaxy Note20 Series menjadi kencang dan mulus. Bahkan, performa CPU bisa meningkat 19% dan 13% untuk performa GPU dibandingkan Exynos sebelumnya. Hal ini tentu menjadi salah satu alasan kuat dipilihnya Galaxy Note20 Series untuk mendukung produktivitas, terutama di suasana pandemi Covid-19 saat ini.

2. Samsung DeX yang Kini Sudah Bisa Tanpa Kabel

Ini kemajuan yang cukup berarti untuk pengguna yang ingin menggunakan layar lebih besar. Sebelumnya, untuk menggunakan Samsung DeX ini, dibutuhkan kabel USB agar tampilan dari smartphone bisa berpindah ke layar yang lebih besar. Kini, inovasi Samsung telah menyingkirkan kerepotan dengan kabel-kabel tersebut. Samsung DeX bisa digunakan tanpa kabel (wireless) dari Galaxy Note20 Series ke berbagai perangkat smart monitor yang memiliki fitur wireless cast.

DeX tanpa kabel ini tentunya membuat bekerja dengan Galaxy Note20 Series menjadi semakin nyaman. Ditambah dengan wireless keyboard dan wireless mouse, pengguna bisa merasakan seperti layaknya menggunakan desktop, tetapi dengan performa yang cepat. Caranya pun cukup sederhana, hanya melakukan cast ke perangkat monitor pintar.

Taufiqul Furqan menjelaskan Samsung DeX yang kini sudah bisa wireless

3. Dilengkapi teknologi Baru Ultra Wideband (UWB) untuk Koneksi Nirkabel Lebih Cepat

Penggunaan teknologi Utra Wideband ini sudah sempat diinformasikan Samsung sebelum kedua Galaxy Note20 ini diperkenalkan ke masyarakat luas. Samsung memang menyematkan teknologi komunikasi seperti GPS, WiFi6, Bluetooth 5, dan NFC ke kedua Galaxy Note20. Namun, Samsung menambah satu lagi, yaitu Ultra Wideband ke Galaxy Note20 Ultra.

Teknologi ini mampu menghadirkan konektivitas nirkabel yang lebih cepat dan akurat. Hal ini karena UWB dapat mendeteksi perangkat lain di sekitar dengan lebih presisi. Dengan demikian, proses berbagi file pun bisa dilakukan lebih cepat dan kecepatan lebih tinggi. Di perangkat Samsung, Galaxy Note20 Ultra merupakan smartphone pertamanya yang menggunakan UWB.

Ke depannya, teknologi UWB yang menggunakan frekuensi tinggi (hingga 8,250 Mhz) ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan koneksi ke berbagai perangkat IoT. Bahkan, di acara Galaxy Unpacked sempat dijelaskan UWB mendukung ekosistem SmartThings. Dengan UWB, pengguna bisa membuka kunci mobil atau rumah.

“Ultra Wideband sendiri merupakan teknologi yang masih terbilang baru. Dan di kita sendiri baru ada di Galaxy Note20 Ultra. Berbeda dengan Quick Share yang lebih dikhususkan untuk bertukar data, UWB menyasar ke perangkat IoT. Salah satu contohnya, jika pintu rumah atau mobil sudah menggunakan UWB juga, hanya dengan mendekatkan Galaxy Note20 Ultra, pintu bisa membuka sendiri,” ujar  Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia di acara Galaxy First Look, 6 Agustus 2020.

4. S Pen yang Lebih Nyaman dari Sebelumnya

Galaxy Note Series memang identik dengan S Pen. Namun, di Galaxy S20 Series ini, Samsung mendesain S Pen dapat bekerja lebih baik lagi. Salah satunya adalah berkurangnya latency pada S Pen. Ya, Samsung membuat S Pen dengan Super Low Latency. Ini tentunya dapat mengurangi masalah dalam hal pengiriman data antara S Pen dengan perangkat smartphone. Dengan begitu, penggunaan S Pen yang baru ini membuat penggunanya seperti merasakan menggunakan pen sesungguhnya di atas lembaran kertas. Proses kerja S Pen kini lebih smooth.

Samsung juga membuat fungsi S Pen lebih advance dengan pengaturan air gesture yang lebih fleksibel. S Pen bisa di-custom sesuai keinginan pengguna. Tidak hanya untuk User Interface, tetapi juga bisa diterapkan di banyak aplikasi. Pengaturan gerakan S pen untuk berbagai perintah ini bisa diatur dari menu Settings dengan lebih mudah.

“S Pen memang menjadi pembeda antara Samsung Galaxy Note Series dengan produk Samsung lainnya. Di Galaxy Note20 Serries ini kini ada improvement yang cukup signifikan d latency time-nya. Jika di Galaxy Note10 Series latecy-nya adalah 46ms, kini di Galaxy Note20 Series, meningkat menjadi 26ms,” ucap Taufiqul Furqan.

Alasan-alasan tadi sudah cukup membuat penasaran banyak pengguna smartphone untuk mencoba Galaxy Note20 Series. Apalagi di suasana menuju kebiasan baru, banyak orang dituntut untuk lebih dekat dengan teknologi digital.

S Pen yang kini lebih fleksibel dan bisa di-custom

Bagi Anda yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series ini, Samsung sudah membuka pemesanan melalui sistem pre-order dan sudah dibuka sejak 6 Agustus 2020 hingga 19 Agustus 2020. Adapun detailnya sebagai berikut:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp 14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp 2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp 17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp 19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp 2.599.000  

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan bank cashback hingga Rp 1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah melakukan Handraiser dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp 699.000.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs pre-order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

Tags: , , , ,


COMMENTS