April 18, 2019

Pertahankan Posisi GO-JEK, Nadiem Makarim Andalkan “Local Insights”

Penulis: Rizki R
Pertahankan Posisi GO-JEK, Nadiem Makarim Andalkan “Local Insights”  

MobiteknoFounder dan CEO GOJEK Nadiem Makarim menyatakan bahwa pemahaman mendalam mengenai kebutuhan pasar dan karakter konsumen – atau dikenal dengan istilah local insights, serta kemampuan untuk menerjemahkannya ke dalam inovasi teknologi, menjadi salah satu strategi jitu GOJEK untuk terus memimpin pasar di Indonesia.

“Aplikasi GOJEK sangat berguna dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Nadiem sekaligus mengutip data dari laporan App Annie bertajuk “The State of Mobile 2019”  yang menyatakan bahwa GOJEK merupakan aplikasi ride-sharing yang paling banyak digunakan di Indonesia, dan aplikasi on demand dengan jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak sepanjang 2018.

Nadiem menambahkan, “GOJEK itu sudah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Istilah “gojek-in aja” bahkan sudah jadi kata kerja.” Hal ini sejalan dengan temuan riset lembaga independen gobal, YouGov, yang menyatakan GOJEK menempati peringkat pertama atau top of mind di antara konsumen Indonesia saat ditanya merek aplikasi on-demand apa yang akan mereka gunakan. GOJEK juga terus menduduki posisi nomor satu pada kategori Brand Impression, Nilai, Kualitas, Kepuasan, dan Rekomendasi di sektor on-demand, termasuk transportasi dan pesan antar makanan.

Sejak awal berdiri, visi GOJEK adalah menggunakan teknologi untuk memberikan solusi atas tantangan sehari-hari yang dihadapi masyarakat Indonesia. Hanya dalam waktu dua tahun, GOJEK mencatatkan pertumbuhanGross Transaction Value (GTV) sebesar 13.5 kali lipat, mencapai US$9 miliar pada akhir tahun 2018.

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia menyatakan dalam risetnya, dampak GOJEK kepada perekonomian Indonesia mencapai Rp44,2 triliun di tahun 2018. Angka ini naik tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Ekosistem GOJEK di Indonesia dijalankan 1,7 juta mitra driver, 300.000 merchant GO-FOOD yang lebih dari 80 persennya merupakan industri UMKM, dan 60.000 penyedia layanan GO-LIFE.

Mitra Juara GOJEK 2019 memberikan penghargaan pada 18 mitra paling berprestasi dan menginspirasi dalam enam kategori yaitu Mitra Driver Terbaik, Mitra UMKM Kuliner Terbaik, Mitra Penyedia Layanan Terbaik, Mitra Arisan Mapan Terbaik, Kisah Inspiratif Karya Anak Bangsa, dan Startup Teknologi Pendukung UMKM Anak Bangsa. Acara yang digelar di Ecovention Ancol tersebut, dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia – Joko Widodo, perwakilan dari tiga belas instansi pemerintahan, partner bisnis dan investor serta ribuan mitra GOJEK.

Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan dukungannya pada para mitra yang memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekosistem GOJEK. Menurut Presiden, GOJEK tidak bisa mencapai seperti saat ini tanpa dukungan mitra-mitra baik pengemudi dan jutaan pekerja di belakang produksi usaha kecil, mikro, dan menengah yang kita miliki. Salah satu kunci keberhasilan GOJEK, kata Presiden, adalah kesuksesan menghubungkan para industri UMKM kuliner luar jaringan (luring) dengan industri online melalui layanan GO-FOOD.

Jokojejk

GO-FOOD sendiri telah menjadi layanan food-delivery online nomor satu di Asia Tenggara, dan no. 3 di dunia dengan jumlah order per bulan mencapai 30 juta order, di sepanjang tahun 2018. Sementara itu, GO-PAY juga telah menjadi layanan uang elektronik yang paling banyak digunakan di Indonesia, dengan transaksi di luar ekosistem GOJEK naik 25 kali lipat sejak diperkenalkan.

“Terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada para mitra, bagian dari keluarga besar GOJEK yang telah bersama-sama memajukan bangsa. Tanpa mereka, GOJEK tidak dapat tumbuh sebesar ini. Merekalah pejuang sejati di era Industri 4.0, bagian dari sejarah perkembangan pesat teknologi,” kata Nadiem yang kemudian menegaskan bahwa keberhasilan GOJEK dan para mitranya tidak lepas dari dukungan luar biasa dari berbagai pihak.

“Kami juga berterima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, beserta jajaran kementerian Kabinet Kerja yang mendukung penuh penggunaan teknologi sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Para partner bisnis dan investor yang selalu mempercayai visi kami untuk memberikan dampak positif yang nyata bagi kehidupan masyarakat. Terakhir, kepada Ibu dan Istri saya tercinta atas dukungan yang luar biasa sejak saya mengawali ide ini delapan tahun yang lalu.”

“Keberhasilan GOJEK adalah keberhasilan kita semua. Semoga kami bisa terus memberikan manfaat yang lebih banyak, lebih luas dan bisa makin mengharumkan nama Indonesia,” pungkas Nadiem.

Tags: , , , , ,


COMMENTS