October 7, 2019

Review Samsung Galaxy A50s, Akhirnya Ada NFC-nya

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy A50s, Akhirnya Ada NFC-nya  

Mobitekno – Samsung Galaxy A50s hadir di pertengahan September 2019. Smartphone ini menggantikan keberadaan Galaxy A50 yang sudah mulai kosong persediannya. Sebagai pengganti Galaxy A50, tentu saja Galaxy A50s hadir dengan spesifikasi hardware lebih baik. Hal ini karena Galaxy A50s sudah menggunakan SoC Exynos 9611, meningkat sedikit dari sebelumnya yang menggunakan Exynos 9610.

Dari data yang didapat Mobitekno saat peluncurannya, Samsung Galaxy A50s juga mendapatkan peningkatan fitur di sisi kamera. Salah satu contohnya adalah hadirnya Super Steady di perekaman video. Fitur ini membuat pengguna lebih mudah mengambil video karena kamera akan bergerak lebih stabil

Satu peningkatan lain yang terlihat mencolok adalah hadirnya fitur NFC di Samsung Galaxy A50s. Fitur ini tentunya sangat membantu pengguna yang sudah beraktivitas dengan pembayaran ewallet dengan kartu elektronik. Memeriksa hingga mengisi saldo kartu elektronik pun jadi lebih mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan dimanapun pengguna berada. Asalkan, smartphone terhubung dengan koneksi Internet.

 

Kelengkapan

Masih sama seperti varian sebelumnya, Samsung Galaxy A50s hadir dengan desain kotak kemasan yang sama persis. Hanya teks yang menandakan Galaxy A50 saja diganti dengan A50s. Isi kemasannya juga sama saja, baik jumlah item dan susunannya. Secara umum tidak ada yang berubah kelengkapan dari Galaxy A50s dengan Galaxy A50

Isi dari kemasan Samsung Galaxy A50s sebagai berikut:

  1. Satu unit Samsung Galaxy A50s berwarna hitam
  2. SIM Card ejector
  3. Buku panduan singkat dan kartu garansi
  4. Kabel data sekaligus kabel chager USB Type C
  5. Adapter AC to DC berkekuatan 15W
  6. Soft Case
  7. Earphone

kelengkapan

 

Desain

Secara keseluruhan tidak terlihat perbedaan yang mencolok pada Samsung Galaxy A50s dengan generasi sebelumnya, yaitu Galaxy A50. Baik dari peletakan kamera depan, tombol volume, tombol power, lokasi SIM Card, hingga desain kamera belakang, sama persis dengan Galaxy A50.

Bodinya masih memiliki ukuran yang sama, yaitu 158,5 x 74,5 x 7,7 mm dengan bobot total 169 gram. Bobot Galaxy A50s sedikit lebih berat dibanding Galaxy A50 yang memiliki bonbot 166 gram. Layarnya juga menggunakan jenis Super AMOLED 16 juta warna dengan ukuran 6,4 inci.

desain

Satu yang terlihat berbeda pada bagian bodi bisa dilihat pada cover belakang. Pada Samsung Galaxy A50s warna cover belakang lebih terlihat stylish dengan adanya pattern berbentuk prisma yang terlihat lebih menarik. Masing-masing bagian prisma memiliki warna yang berbeda.

a50s

Logo Samsung terletak persis di tengah pada cover belakang. Ketipisan bodi Galaxy A50s juga tidak ada perbedaan, sehingga nyaman untuk dipegang. Menariknya, berbeda dengan Galaxy A50, pada Galaxy A50s pengguna mendapatkan soft case gratis di dalam paketnya. Soft Case dengan warna transparan ini cukup untuk melindungi smartphone dari benturan.

 

Fitur dan Performa

Pada Galaxy A50s, sudah tentu Samsung menggunakan huruf “S” karena ada berbagai peningkatan fitur di dalamnya. Kamera menjadi salah satu fokus Samsung dalam peningkatan fitur. Mulai dari kamera belakang. Pada versi sebelumnya, kamera utama di bagian belakang hanya berkemampuan 25MP. Kini di Samsung Galaxy A50s, Samsung sudah menggunakan kamera utama Berkemampuan 48MP. Jadi, kombinasinya menjadi 25MP + 5MP + 8MP. Peningkatan kamera tentu saja membuat mengambil foto menjadi lebih menyenangkan.

Tidak hanya di bagian belakang, kamera depan juga memiliki peningkatan, yang tadinya berkemampuan 25MP, kini sudah 32MP.

Masih di bagian kamera, jika Anda perhatikan di fitur perekaman video, kini ada fitur baru di bagian atas kamera yang bisa diaktifkan dan dinonaktifkan, yaitu Super Steady. Fitur ini membuat perekaman menjadi lebih stabil, tidak goyang. Saat fitur ini aktif, tangkapan video menjadi lebih baik, walaupun fungsi zoom tidak bisa dilakukan. Fitur Super Steady ini berguna saat mengambil video di tengah jalanan yang tidak rata atau membutuhkan efek pengambilan video turun dan naik.

Fitur yang mengalami peningkatan berikutnya adalah prosesor. Samsung Galaxy A50s sudah menggunakan Exynos 9611, naik satu tingkat dari sebelumnya yang masih 9610. Peningkatan dari sisi prosesor tentu saja mempengaruhi kinerja secara keseluruhan. Kerja smartphone menjadi lebih cepat.

Satu fitur yang ditambahkan Samsung ke Galaxy A50s adalah NFC. Fitur ini jelas ditunggu oleh pengguna smartphone di segmen tengah. Selama ini fitur NFC lebih mudah ditemukan pada smartphone flagship. Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, memeriksa dan mengisi saldo kartu elektronik menjadi lebih mudah berkat adanya NFC ini.

Di sisi baterai, Samsung memberikan kapasitas baterai 4.000mAh. Kapasitas ini sudah bisa memenuhi kebutuhan pengguna terhadap penggunaan smartphone. Menariknya, walaupun berukuran besar, pengisian baterai tidak akan lama, karena Samsung menggunakan teknologi pengisian baterai cepat 15W. Cukup colok kabel charger, dalam waktu tidak lama, baterai akan terisi dengan cepat.

Performa

Kami menguji smartphone ini dengan tiga buah program benchmark. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Hasil foto:

Spesifikasi

Berikut spesifikasi Samsung Galaxy A50s

 

Fitur Galaxy A50s
Body 158.5 x 74.5 x 7.7mm
Colors Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green
Display Size dan Resolution 6.4-inch FHD+ (1080×2340)

Super AMOLED

Infinity Display Infinity-U Display
Rear Camera 48MP (F2.0) + 5MP (F2.2) + 8MP (Ultra Wide) (F2.2)
Front Camera 32MP (F2.0)
Processor   & OS Exynos 9611
RAM + Storage 4GB / 6GB RAM
64GB / 128GB Internal Storage
Micro SD slot (up to 512GB)
Battery 4000 mAh
Biometric Authentications On-screen Fingerprint,

Face Recognition

Payment Samsung Pay & NFC enabled

 

Kesimpulan

Samsung Galaxy A50s bukan saja sebagai penerus Galaxy A50, tetapi juga menggantikan posisinya. Jadi, bagi yang berminat membeli Samsung Galaxy A50, ada baiknya beralih ke Galaxy A50s. Selain fiturnya yang lebih kaya, Galaxy A50s juga memiliki kamera yang lebih baik. Kamera belakangnya telah ditingkatkan kemampuannya menjadi 48MP. Sementara itu, kamera depannya sudah menjadi 32MP. Bahkan, pagi pengguna kartu elektronik yang sering digunakan untuk membayar jalan tol atau bertransaksi digital lainnya, Samsung Galaxy A50s sudah bisa menemani aktivitas tersebut. Pasalnya, smartphone ini sudah memiliki fitur NFC.

Alasan lainnya mengapa lebih baik membeli Galaxy A50s karena stok yang sudah hampir habis di pihak Samsung. Sesuai pernyataan Samsung pada saat peluncurannya, kehadiran Galaxy A50s sekaligus membuat strategi pasar Samsung juga beralih ke smartphone baru ini, tidak lagi ke Galaxy A50.

Dengan bodi yang ramping, ditambah dengan layar Super AMOLED yang jernih membuat smartphone ini nyaman digunakan sehari-hari. Ada dua tipe Samsung Galaxy A50s, yaitu Galaxy A50s dengan varian 4/64 berharga Ep 4.099.000 dan Galaxy A50s dengan varian 6/128 berharga Rp 4.899.000. Sementara untuk warna, Samsung menyediakan tiga opsi, yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green.

Tags: , , ,


COMMENTS