October 7, 2019

Startup Lokal Unicorn Bertambah Satu Lagi. Selamat Buat OVO!

Penulis: Iwan RS
Startup Lokal Unicorn Bertambah Satu Lagi. Selamat Buat OVO!  

Mobitekno –  OVO, perusahaan startup (rintisan) bidang finansial dari grup Lippo ini akhirnya menjadi unicorn kelima dari Indonesia. Dikutip dari riset Firma analisis perusahaan CB Insight, OVO telah masuk dalam daftar 403 unicorn dengan perkiraan valuasi mencapai US$ 2,9 Miliar (sekitar Rp 41 Triliun) sejak 14 Maret 2019.

Status layanan dompet digital OVO sebagai unicorn (bernilai di atas satu miliar dolar AS) juga dikonfirmasi Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara belum lama ini menyatakan (5/10/2019).

Rudiantara menyatakan bahwa Ia telah berbicara dengan pendiri OVO dan berani memastikan OVO telah menjadi startup unicorn kelima di Indonesia. Seperti diketahui, tiga perusahaan startup Indonesia yang telah menyandang status unicorn antara lain Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia.

Adapun Gojek yang telah berstatus unicorn sejak Mei 2017 malahan sudah naik tingkat menjadi decacorn (nilai valuasi sebesar US$ 10 miliar) sejak April 2019 lalu .

Rudiantara menyambut status baru OVO menjadi unicorn. Targetnya, hingga akhir 2019 akan ada lima unicorn. Akhir tahun 2019 ini bahkan Rudiantara memprediksi akan ada unicorn baru dari sektor pendidikan.

Salah satu alasannya adalah tersedianya 20 persen APBN pemerintah untuk sektor pendidikan dan lima persen untuk kesehatan. Jadi, wajar startup dari sektor tersebtu bakal menjadi unicorn berikutnya.

“Selamat datang kepada OVO yang menjadi unicorn baru Indonesia yang didirikan di Indonesia,” ucap Rudiantara.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS