August 14, 2018

Meski ‘Riwayat Lokasi’ Dinonaktifkan, Google Masih Bisa Melacak Anda

Penulis: Rizki Romdoni
Meski ‘Riwayat Lokasi’ Dinonaktifkan, Google Masih Bisa Melacak Anda  

Mobitekno – Anda mungkin menduga bahwa mematikan opsi Riwayat Lokasi (location history) dari Google berarti Google tak akan lagi melacak Anda. Kenyataannya adalah Google tetap dapat terus mengumpulkan data lokasi dan bahkan melacak Anda setiap menit, mencari alamat rumah Anda, dan tempat-tempat lain yang Anda kunjungi sepanjang hari, demikian laporan Associated Press.

Menurut laporan AP, Google terus melacak Anda melalui layanan seperti Google Maps, pembaruan cuaca, dan pencarian peramban dari setiap aktivitas aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak Anda. Dengan menonaktifkan Riwayat Lokasi, Anda hanya menghentikan Google dari penambahan aktivitas Anda ke fitur Timeline yang secara visual akan mencatat di mana Anda terakhir berada.

Tetapi ada cara untuk membuat Google benar-benar berhenti melacak Anda, yakni dengan mengubah setelan untuk mematikan “Aktivitas Web dan Aplikasi.” Jika Anda menonaktifkan “Aktivitas Web dan Aplikasi”, yang diaktifkan secara default, Google tak akan lagi dapat menyimpan cuplikan darimana Anda berasal melalui data Maps dan penelusuran browser yang menunjukkan koordinat GPS Anda dengan tepat.

Selama pengaturan Aktivitas Web dan Aplikasi diaktifkan, Google akan menyimpan data lokasi time-stamped Anda. Anda dapat menghapus data ini secara manual dengan mengakses myactivity.google.com dan mengklik entri geo-cap tertentu. Anda juga dapat menghapus batch entri yang diurut berdasarkan tanggal atau layanan web.

Seorang juru bicara Google mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada The Verge bahwa Riwayat Lokasi adalah produk Google yang sepenuhnya diikutsertakan, dan pengguna memiliki kontrol untuk mengedit, menghapus, atau mematikannya kapan saja.

“Seperti catatan cerita, kami memastikan pengguna Riwayat Lokasi tahu bahwa ketika mereka menonaktifkan produk, kami terus menggunakan lokasi untuk meningkatkan pengalaman Google ketika mereka melakukan hal-hal seperti melakukan pencarian Google atau menggunakan Google untuk petunjuk arah mengemudi.” terangnya.

Ini bukan pertama kalinya soal Google melacak lokasi Anda terlepas dari apakah Anda memiliki layanan lokasi yang diaktifkan. November lalu, Quartz melaporkan bahwa ponsel Android masih mengumpulkan data lokasi Anda dari menara seluler terdekat dan mengirimkannya ke Google, bahkan jika Anda menonaktifkan layanan lokasi dan mengeluarkan kartu SIM Anda. Google kemudian mengatakan akan menghapus fitur pengumpulan data pada bulan Desember tahun lalu.

Tags: , , ,

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

COMMENTS