August 9, 2018

Topang Sektor UMKM dan Startup, COCOWORK Buka Ruang Kerja Bersama di UOB Plaza

Penulis: Rizki Romdoni
Topang Sektor UMKM dan Startup, COCOWORK Buka Ruang Kerja Bersama di UOB Plaza  

Mobitekno – Usai “berganti wajah” pada akhir Juni lalu, COCOWORK –penyedia ruang kerja bersama (co-working space) terus giat melakukan ekspansi. Terkini, PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia), anak perusahaan United Overseas Bank Limited (UOB) belum lama ini, mengumumkan kemitraan dengan COCOWORK meresmikan COCOWORK@UOB Plaza. Peluncuran co-working space yang berlokasi di kantor pusat UOB Indonesia, Jakarta, merupakan bagian dari penandatanganan kerjasama Memorandum of Understanding (MOU) antara UOB Group dan COCOWORK di bulan Maret 2018.

Nasabah UOB Indonesia – mulai dari perusahaan rintisan (start-up) hingga Usaha Kecil Menengah (UKM) – dapat menikmati potongan biaya sewa khusus sebesar 20 persen di COCOWORK@UOB Plaza. Melalui inisiatif ini, UOB Indonesia bertujuan membantu nasabah dalam pengelolaan biaya operasional mereka.

Sebagai bagian dari kolaborasi, UOB Indonesia juga akan menyediakan seluruh anggota co-working space COCOWORK dengan solusi keuangan yang sesuai kebutuhan mereka, seperti pinjaman, cash management, dan produk pembiayaan perdagangan untuk membantu mengelola bisnis.

Perusahaan start-up maupun UKM yang menggunakan co-working space juga memperoleh akses pilihan pembiayaan alternatif melalui kemitraan UOB dengan perusahaan-perusahaan pendanaan ekuitas yang merata (crowd funding) dan perusahaan utang usaha (venture debts), seperti OurCrowd dan InnoVen Capital.

Peresmian pembukaan COCOWORK@UOB Plaza

Pardi Kendy, Channels Director, UOB Indonesia, mengatakan bahwa UOB Indonesia senantiasa berkomitmen dalam mendukung perusahaan start-up dan UKM agar dapat berkembang menjadi bisnis yang berkelanjutan.

“COCOWORK menyediakan peluang bagi para nasabah kami untuk terhubung dengan penyewa lain, termasuk perusahaan start-up lain, perusahaan teknologi, perusahaan pemasaran digital, dan penyedia layanan profesional, seperti: pengacara, akuntan, dan spesialis properti intelektual untuk peluang kolaborasi,” kata Pardi.

Tidak seperti penyewaan ruang kerja tradisional yang biasanya membutuhkan komitmen dua hingga tiga tahun, co-working space menawarkan pengusaha sebuah fleksibilitas dalam menentukan durasi sewa berdasarkan kebutuhan mereka. Pengeluaran biaya di muka yang digunakan untuk renovasi dan perabot kantor atau untuk mengelola tugas-tugas seperti mengatur utilitas atau layanan internet juga tidak lagi diperlukan.

Kolaborasi UOB dengan COCOWORK merupakan salah satu rangkaian kerjasama MoU yang terjalin antara UOB Group dengan co-working space lainnya di wilayah Asia Tenggara seperti Common Ground (Malaysia), WORQ (Malaysia), Toong (Vietnam) dan 80RR Fintech Hub SG (Singapura).

“Biaya set-up yang lebih rendah untuk berekspansi ke luar negeri akan memungkinkan mereka untuk mencapai kinerja bisnis yang lebih baik,” jelas Pardi.

Sementara itu, Carlson Lau, CEO dan Co-Founder COCOWORK, mengatakan, “Kami sangat mendukung komunitas startup dan UKM dengan menciptakan budaya kolaborasi dan berbagi ilmu pengetahuan. Melalui kerjasama dengan UOB Indonesia, member kami dapat memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis mereka di Asia Tenggara.”

Tags: , , , , ,


COMMENTS