May 7, 2018

Muslim GO, Aplikasi Berfaedah ‘Zaman Now’ yang Direkomendasikan Kementerian Agama

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Muslim GO, Aplikasi Berfaedah ‘Zaman Now’ yang Direkomendasikan Kementerian Agama  

Mobitekno – Generasi milenial banyak menghabiskan waktu dengan smartphone mereka. Baik berselancar di dunia maya, bersosial media, maupun berbelanja, semua dilakukan lewat smartphone karena kemudahan aplikasi yang dibawa.

Nah, baru-baru ini ada satu aplikasi terbaru yang bisa dibilang aplikasi berfaedah dan menjadi aplikasi pertama yang direkomendasikan oleh Kementerian Agama, yakni Muslim GO. Muslim GO juga menjadi aplikasi Islam pertama dengan font Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia yang disertifikasi Kementerian Agama.

Selain Indonesia, aplikasi mobile ini juga di release di beberapa negara seperti Pakistan, China dan juga India, dengan layanan streaming konten religius.

“Muslim GO telah menyediakan berbagai macam layanan agama dan kehidupan bagi para pengguna Muslim Indonesia,” kata Muchlis Hanafi, Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama Republik Indonesia, yang hadir pada momen peluncuran aplikasi Muslim GO di Museum Istiqlal TMII, Jakarta, Jumat (4/5).

Muslim Go 2

Soal sertifikasi, Hanafi mengaku menjalani proses selama dua tahun lewat serangkaian proses yang ketat. Lajnah adalah lembaga yang bertugas mentashih (memeriksa/mengoreksi) setiap mushaf atau lembaran lembaran berisi tulisan Alquran yang akan dicetak dan diedarkan kepada masyarakat Indonesia. Lajnah merupakan bagian dari Puslitbang Lektur Keagamaan, Kementerian Agama.

Memiliki 8 fitur utama dan 2 fitur ekstra, sepintas, aplikasi ini tak ada yang istimewa. Ada Al-Qur’an (Digital), Waktu Shalat, Kiblat, Shalat Sunnah, Do’a, Kalender Hijriyah, Direktori dan Populer. Sementara fitur ekstra, terdapat Kartu Ucapan dan Konten Islami.
Jarot Utomo, Marketing Manager Muslim GO Indonesia, mengatakan, “Melayani lebih dari sejuta pengguna aktif dan diunduh lebih dari 2,5 juta kali di Indonesia menjadi tantangan yang kami atasi setiap harinya. Kami yakin, dengan menyediakan konten yang akurat dan berguna akan menarik minat masyarakat. Sehingga, umat takkan sekadar menggunakannya sebagai tools namun juga aplikasi esensial dalam keseharian mereka,”

Jarot sempat mengeluhkan soal iklan yang membabi buta didalam aplikasi, namun saat ini hal tersebut tengah diselesaikan oleh tim Muslim GO.

Unique selling point Muslim GO ialah fitur Alquran yang bersumber dari Tanzil.net (proyek Alquran yang diluncurkan pada awal tahun 2007 untuk menghasilkan teks Alquran yang sangat terverifikasi yang dapat digunakan di situs web dan aplikasi Al-Qur’an) yang didalamnya terdapat suara Syeikh Misyari Rasyid.

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES