May 7, 2018

Komunitas Bukalapak Siap Gelar Program Belajar Ngelapak di 20 Kota

Penulis: Karyo | Editor: Desmal Andi
Komunitas Bukalapak Siap Gelar Program Belajar Ngelapak di 20 Kota  

Mobitekno –  Komunitas Bukalapak kembali menggelar program Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK) untuk kedua kalinya. Sebelumnya program tersebut telah dilaksanakan pada tahun 2016 lalu.

Tahun ini, kembali diadakan program BNBK, salah satu program unggulan yang akan digelar di 20 kota, yaitu Surabaya, Pontianak, Bukittinggi, Banjarmasin, Sragen, Cirebon, Makassar, Palu, Blitar, Bekasi, Balikpapan, Kediri, Tasikmalaya, Yogyakarta, Lampung, Malang, Manado, Jayapura, Pekanbaru dan Medan.

Pemilihan 20 kota tersebut didasarkan pada adanya potensi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di daerah setempat, sesuai dengan misi dari Bukalapak, yaitu memberdayakan UKM di seluruh penjuru Indonesia. Rangkaian program ini akan berlangsung dari bulan Mei hingga Oktober mendatang.

BNBK sendiri dirancang dan dieksekusi oleh Komunitas Bukalapak di masing-masing kota. BNBK bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta tentang berbisnis secara online di Bukalapak dan meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalkan bisnis mereka tersebut.

Pendampingan juga akan diberikan untuk memastikan perkembangan bisnis dari para peserta. Selain bertujuan untuk memberikan edukasi, BNBK merupakan ruang yang diberikan oleh Bukalapak kepada komunitas untuk berkreasi dalam menyelenggarakan kegiatan di komunitasnya masing-masing.

“Kami melihat antusiasme dan semangat yang tinggi untuk menjadi pebisnis online dari para peserta yang terdiri dari masyarakat umum setempat baik yang sudah terjun menjadi pelaku UKM ataupun mereka yang baru ingin memulai berbisnis,” kata Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak, dalam keterangan persnya, Sabtu, 5/5/2018. “Lebih dari itu, kami bangga akan semangat dan antusiasme yang luar biasa dari masing-masing komunitas dalam merancang, menyiapkan, dan menjalankan BNBK di kota mereka,” tambahnya.

Lebih jauh Fikri menjelaskan bahwa rangkaian program BNBK ini mendapatkan dukungan dari mitra-mitra Bukalapak, yaitu JNE dan Bank BRI. Keduanya juga akan terlibat dalam memberikan materi kepada para peserta BNBK. JNE sebagai mitra logistik akan memberikan wawasan mengenai jasa layanan pengiriman yang bisa dimanfaatkan oleh para pelapak Bukalapak. Sedangkan BRI akan memperkenalkan fitur Indonesia Mall yang ada di aplikasi Bukalapak untuk mempromosikan produk swakarya dari para pelaku UKM serta memberikan edukasi tentang literasi perbankan.

Selain itu Fikri juga berharap program BNBK tersebut akan semakin meningkatkan semangat para pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya secara online. “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari mitra Bukalapak, yaitu JNE dan BRI, yang tentunya akan bermanfaat untuk optimalisasi bisnis online yang para pelapak. Hal ini sejalan dengan konsep gotong royong dan kolaborasi yang kami miliki di Bukalapak,” ujar Fikri berharap.

Dalam program pelatihan tersebut para peserta akan diberikan materi dan bimbingan oleh para Ranger Komunitas Bukalapak di masing-masing kota. Materi yang diberikan adalah pengenalan tentang Bukalapak sebagai online marketplace yang bisa membantu bisnis para peserta agar lebih maksimal, hingga cara mengoptimalisasi pemasaran barang jualan di Bukalapak seperti teknik pengambilan foto produk, dan menulis deskripsi barang yang baik dan benar.

Komunitas BL

Tim dari beberapa divisi di Bukalapak turut serta memberikan wawasan kepada peserta seperti tentang customer service, business development, trust and safety, dan berbagai materi menarik lainnya.

Komunitas Bukalapak sendiri adalah merupakan sarana bagi para pelapak Bukalapak untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman berbisnis online di Bukalapak yang sudah tersebar di 86 kota di Indonesia. Komunitas Bukalapak ini dibentuk atas inisiatif dari pelapak Bukalapak itu sendiri.

Tags: , , , ,


COMMENTS