May 7, 2018

Headset VR Penantang Oculus Go dari Lenovo Sudah Tersedia di Amazon. Apa Kelebihannya?

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Headset VR Penantang Oculus Go dari Lenovo Sudah Tersedia di Amazon. Apa Kelebihannya?  

Mobitekno – Industri VR belum lama ini dikejutkan dengan kehadiran Ocolus Go, headset VR mandiri (standalone) pertama yang dibuat oleh Facebook. Namun kejutan tak berhenti sampai di situ, karena Lenovo juga tidak mau ketinggalan dengan headset VR mandiri terbarunya, Mirage Solo.

Sejak ajang CES 2018 awal tahun ini, Lenovo sebenarnya telah mengumumkan rencananya akan membuat headset VR yang berdiri sendiri tanpa hardware tambahan (smartphone, PC, dll). Lenovo pun membuktikan janjinya dengan merilis Mirage Solo di awal Mei 2018 ini.

Untuk menggunakannya, Lenovo Mirage Solo tidak lagi memerlukan smartphone, PC atau sensor eksternal. Yang diperlukan pengguna hanyalah headset dan remote nirkabel sebagai pendampingnya.

Lenovo Mirage Solo

Selain dapat digunakan untuk bermain game, Lenovo juga menegaskan bahwa VR headset buatannya ini cocok untuk jenis hiburan lain, seperti menonton film atau berselancar di dunia maya, tentunya dalam mode VR (virtual reality).

Tidak seperti Oculus Go, Mirage Solo sudah mendukung platform VR besutan Google, yakni Daydream. Dengan dukungan platform yang diumumkan di ajang Google I/O 2016 tersebut, pengguna dapat menikmati berbagai layanan populer Google lebih optimal dan bernuansa VR, seperti YouTube, Google Play Film & TV, Google Maps, dan sebagainya.

Tak hanya itu, Lenovo Mirage Solo juga sudah ditunjang dengan spesifikasi hardware yang lebih bertenaga dibandingkan Oculus Go. Otak dari headset VR besutan Lenovo ini tertanam chipset Snapdragon 835 yang dipadukan RAM 4 GB, internal storage 64 GB, dan slot ekspansi microSD.

Selain dilengkapi jack audio dan baterai 4.000 mAh, Mirage Solo juga memiliki resolusi layar setara dengan Oculus GO, yakni 2.560 x 1.440 piksel yang lebih nyaman mata pengguna (video/gambar lebih tajam).

Penasaran dengan harganya? Lenovo membanderol headset VR seharga US$ 399. Selain itu, Lenovo juga meluncurkan kamera 180 derajat buatannya, yakni Mirage Camera yang dibanderol dengan harga US$ 299. Semuanya sudah tersedia di Amazon.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES