August 6, 2018

Vivo V9 Varian RAM 6GB, Lebih Terlihat Mewah dan Bertenaga

Penulis: Desmal Andi
Vivo V9 Varian RAM 6GB, Lebih Terlihat Mewah dan Bertenaga  

Mobitekno – Kehadiran smartphone Vivo selalu menggebrak pasar smartphone Indonesia. Tidak hanya dari sisi produknya saja, tetapi juga saat peluncurannya. Hal ini bisa dilihat pada Vivo V9 versi RAM 4GB yang saat peluncurannya ditayangkaan oleh puluhan stasiun TV di Indonesia. Vivo memang menyasar pada masyarakat Indonesia di segmen menengah yang ingin smartphone dengan kemampuan bagus.

Namun, belum lama versi 4GB berjalan di pasar, Vivo kembali mengeluarkan Vivo V9 yang baru dengan kapasitas RAM 6GB. Menariknya, tidak hanya kapasitas RAM-nya saja yang ditingkatkan, tetapi juga prosesornya. Jika pada versi 4GB menggunakan Qualcomm Snapdragon 450, kini di Vivo V9 versi 6GB, prosesornya telah ditingkatkan menjadi Qualcomm Snapdragon 660 AIE.

Tentunya peningkatan kapasitas RAM dan prosesor bisa membawa dampak yang besar, khususnya pada kecepatan kinerja smartphone. Apakah benar demikian? Setelah Mobitekno mencobanya dalam beberapa minggu, berikut ini kamu sajikan ulasannya kepada para pembaca.

 

Kelengkapan

Datang dengan kemasan karton tebal berwarna putih,  Vivo V9 varian RAM 6GB ini memiliki logo FIFA World Cup Russia 2018. Ya,Vivo memang menjadi Official Partner ajang sepak bola terbesar di dunia. Tidak perlu berlama-lama, segel yang membungkus kemasan smartphone ini langsung kami sobek dan buka. Selanjutnya baru kami tarik ke atas kemasan Vivo V9 6GB untuk melihat apa saja yang disediakan Vivo di dalamnya.

  1. Berikut ini yang ada di dalam paket penjualannya:
  2. Smartphone Vivo V9 6GB berlayar 6,3 inci dengan bodi berwarna hitam
  3. Soft Case berbahan plastik transparan untuk melindungi bodi smartphone.
  4. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi.
  5. SIM Card Ejector
  6. Earphone berwarna putih
  7. Adaptor AC to DC untuk pengisian daya smartphone
  8. Kabel data Micro USB untuk proses transfer file dan sebagai kabel pengisian daya.

kelengkapan

 

Desain

Sama seperti versi RAM 4GB, di versi 6GB ini tidak ada perubahan yang berarti dari sisi bodi. Semuanya masih sama dan tetap ringan. Bodinya tetap tipis dengan ketebalan hanya 7,9 mm dan bobot 150 gram. Namun, ketipisan bodinya ini akan sirna ketika Anda menggunakan soft case ke smartphone ini.

tipis

Jika kita hadapkan ke atas, layarnya yang berukuran 6,3 inci ini masih cukup nyaman digenggam. Namun, tanpa menggunakan soft case, walaupun sudah menggunakan bahan material plastik polycarbonat, permukaan bodi Vivo V9 6GB ini tetap terasa licin. Jadi, ada baiknya gunakan soft case agar smartphone tetap erat di genggaman tangan. Desain layarnya menempatkan poni (notch) di bagian atas. Di dalamnya terdapat kamera depan yang beresolusi 12MP mikrofon, dan LED norification untuk indikator smartphone.

layar depan

Di bagian kanan terdapat tombol volume yang tipis dan tombol power. Slot SIM Card sendiri ada di bagian kiri. Slot ini tidak berjenis Hybrid. Jadi, baik dual SIM card maupun micro SD bisa digunakan secara berbarengan.

 

Lanjut ke bagian bawah, terdapat port micro USB untuk proses pengisian daya. Port ini diapit oleh speaker dan port audio 3.5. Jika kita pasang soft case bawaan smartphone, desain soft case juga memiliki penutup untuk port micro USB ini. Dengan begitu, hal ini bisa meminimalisir debu yang masuk.

bawah

Terakhir, kita balik smartphone menghadap ke bawan. Terlihat jelas dual camera ada di posisi kiri atas. Di bawahnya juga terdapat LED flash untuk membantu kamera di situasi kurang cahaya. Agak ke tengah sedikit, terdapat sensor sidik jari.

belakang 2

 

Fitur dan Performa

Sekarang kita bahas performa smartphone saat digunakan sehari-hari untuk menunjang pekerjaan Anda. Layarnya yang berukuran 6,3 inci cukup nyaman dilihat karena dapat menampilkan berbagai objek dengan begitu jernih. Layarnya ini memiliki resolusi Full HD+ (1080x2280p). Apalagi di sekeliling layar ini terdapat bezel yang super tipis sehingga walaupun berukuran 6,3 inci, keseluruhan bodi layar tetap terasa nyaman di genggaman tangan. Apalagi persentase screen to body ratio mencapai 90 persen.

Dibekali dengan OS Android 8.1 Oreo dalam FunTouch OS versi 4.0, Vivo V9 6GB ini begitu lancar digunakan untuk aplikasi-aplikasi terbaru. Memori internalnya yang berkapasitas 64GB sudah cukup untuk menyimpan foto atau file pekerjaan. Ditambah daya baterai 3.260 mAh, smartphone bisa menunjang aktivitas seharian penuh.

FOTOS

Beralih ke sisi kamera. Vivo V9 ini memang didesain untuk kebutuhan selfie. Oleh sebab itu, kamera depannya yang berkapasitas 12MP sudah dibekali dengan teknologi dual pixel. Berkat teknologi ini, hasil tangkapan begitu jelas dan detail. Apalagi ditambah fitur AI yang dapat mendeteksi subjek secara pintar.

FOTOS2

 

Sementara itu, kamera belakangnya berkemampuan 13MP dan 2MP. Sama seperti kamera depan, kamera utamanya ini dibekali berbagai efek menarik, seperti AI bokeh. Kualitas foto dari smartphone ini terbilang baik di kelasnya.

notch

Memanfaatkan teknologi AI, Vivo V9 6GB ini juga menyertakan fitur AI Face Access. Fitur ini dapat mengamankan smartphone dengan lebih dalam karena hanya menggunakan deteksi wajah untuk membuka kunci smartphone.

Bagi Anda yang gemar bermain game, Vivo V9 6GB ini juga memiliki mode game. Saat mode ini akif dan pengguna sedang asyik bermain game, segala hal yang mengganggu permainan seperti notifikasi, akan dihilangkan. Dengan demikian permainan akan terus berjalan lancar tanpa munculnya gangguan di layar.

Untuk melihat hassil pengujiannya, berikut hasil benchmark Antutu dan GeekBench 4..0

Antutu:

Antutu

GeekBench 4.0:

GeekBench

 

Berikut ini juga kami sertakan contoh foto dengan Vivo V9 6GB:

 

Spesifikasi

Seperti sudah disebutkan di awal, Vivo V9 versi 6GB ini memiliki peningkatan dalam hal memori dan prosesor. Penggunaan prosesor yang lebih cepat dan mendukung teknologi AI tentunya akan membuat smartphone lebih menyenangkan untuk digunakan karena bisa berjalan dengan lebih cepat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi teknis Vivo V9 6GB:

 Prosesor
 Qualcomm Snapdragon 660 AIE
 Layar
 6,3 Inci Full HD+
 Kamera Belakang
 Dual Camera 13MP+2MP support AI
 Kamera Depan
 12MP support AI
 Sistem Operasi
 Anroid 8.1 Oreo dipadu FunTouch OS 4.0
 Keamanan
 AI Face Access dan Fingerprint
 Baterai
 3.260 mAh

 

Kesimpulan

kesimpulan

Memori lega, storage juga cukup menunjang untuk menempatkan file pribadi, serta penggunaan prosesor yang lebih kencang menjadi salah satu faktor penting mengapa smartphone ini layak untuk dimiliki. Dengan spesifikasi yang sudah disebutkan di atas, Vivo memberikan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 4.299.000. Spesifikasi yang ada di dalamnya terbilang tinggi di kelasnya.

Walaupun memiliki layar lebar 6,3 inci, tetapi bezel yang tipis membuat smartphone ini tetap nyaman digenggam. Namun, bodi belakang berbahan plastik masih terasa licin sehingga sebaiknya soft case jangan ditinggalkan di dalam kemasannya saja. Gunakan soft case ini untuk menjaga smartphone tetap erat di tangan.

Terakhir, bobot yang ringan, bodi yang tipis, serta desain yang modern juga menjadi nilai jual smartphone ini, terutama untuk segmentasi anak-anak muda Indonesia. Desain belakang yang agak melengkung dengan balutan warna glossy membuat smartphone terlihat mewah. Namun tetap, perukaan glossy membuat jejak sidik jari Anda lebih mudah menempel, sehingga Anda harus sering membersihkan jika ingin smartphone tetap terlihat mewah.

Tags: , , , ,


COMMENTS