May 4, 2018

Punya Pengguna Total 170 Juta, Hampir Separuh Pelanggan Spotify Tergolong Premium

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Punya Pengguna Total 170 Juta, Hampir Separuh Pelanggan Spotify Tergolong Premium  

Mobitekno – Spotify, layanan musik streaming yang hadir di banyak negara, termasuk di Indonesia baru-baru ini telah merilis laporan kuartal pertama tahun ini. Disebutkan, hingga saat ini pengguna Spotify telah menyentuh angka 170 juta pengguna.

Namun, dari pengguna totalnya tersebut, Spotify ‘hanya’ memiliki 75 juta orang pengguna yang rela merogoh kantong untuk menikmati semua fasiltias di layanannya tersebut (pelanggan premium).

Meski demikian, Spotify masih cukup optimis mengingat jika dibandingkan kuartal keempat tahun lalu, Spotify baru memiliki 71 juta pengguna.

Angka-angka tersebut mengartikan bahwa ada peningkatan sebesar 7 persen dalam skala kuartal. Namun, pada skala tahun ke tahun, peningkatannya mencapai 45 persen. Kerugian operasional perusahaan pun menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 50 persen.

Prediksi Spotify, di kuartal kedua nanti mereka bisa meraih hasil yang lebih baik lagi. Harapan lainnya, layanan musik streaming yang berbasis di Stockholm, Swedia ini juga dapat menggaet sekitar 83 juta pengguna premium.

Spotify device supported

Lantas, strategi apa yang nantinya akan dipakai oleh Spotify sehingga layanannya ini benar-benar disukai banyak orang? Hingga saat ini, Spotify sendiri masih ‘rela’ membuka kesempatan kepada banyak orang untuk “menjajal” layanan yang ditawarkannya tersebut.

Spotify juga masih percaya diri untuk memberikan layanan dengan harga yang berbeda untuk pelajar dan keluarga. Hal ini sengaja digulirkan untuk tetap menjaga loyalitas pelanggan yang sudah ada saat ini.

Kedepannya, Spotify terus memutar otak untuk menjaga tingkat pertumbuhan yang sehat dan tidak kehilangan pelanggan yang sudah ada. Seperti yang baru-baru ini mereka lakukan, yakni mengumumkan perubahan pada layanan gratisnya sudah dianggap tepat.

Spotify tidak boleh lengah, mengingta para kompetitornya saat ini yang terlihat mulai inovatif dan menarik. Contohnya, Google yang akan memuat Play Music ke YouTube. Ada juga Apple (Apple Music) yang terus berlari hingga memiliki 40 juta pelanggan berbayar.

Apple adalah salah satu kompetitor yang digadang-gadang bakal bisa mengejar Spotify. Untuk itu, Spotify harus terus bekerja keras dan memikirkan agar pengguna premiumnya juga bertumbuh. Harapannya, Spotify senang, investor pun ikut senang.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES