April 2, 2023

Revitalisasi Industri Musik Indie Lewat Platform Streaming Musik

Penulis: Rizki R
Revitalisasi Industri Musik Indie Lewat Platform Streaming Musik  

Mobitekno – Aplikasi streaming musik telah menjadi salah satu bentuk hiburan yang paling populer di Indonesia. Keberadaan teknologi dan koneksi internet juga semakin memudahkan masyarakat Indonesia untuk mengakses dan menikmati lagu-lagu kesukaan mereka di mana saja dan kapan saja.

Tapi tahukah Anda jika aplikasi streaming musik juga membawa dampak besar terhadap konsumsi musik dan industri musik lokal di Indonesia.

Sebut saja Aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox, dan Apple Music, kini telah menjadi alternatif yang praktis dan mudah digunakan daripada cara-cara tradisional seperti membeli CD atau mengunduh lagu secara ilegal.

Lantas bagaimana caranya aplikasi streaming musik tersebut dikatakan mampu memberikan dampak besar pada industri musik lokal di Indonesia?

Menurut laporan Global Music Report 2021 yang diterbitkan oleh International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), pasar musik digital Indonesia tumbuh sebesar 21,5% pada tahun 2020, dengan aplikasi streaming musik menjadi sumber pendapatan terbesar dalam industri musik di Indonesia.

Joox dan Spotify merupakan aplikasi streaming musik yang paling banyak diunduh di Indonesia. Spotify menduduki peringkat pertama dengan lebih dari 1 biliun unduhan, diikuti oleh Joox dengan lebih dari 100 miliar unduhan.

Aplikasi streaming musik telah menjadi sarana penting bagi band indie di Indonesia dalam mempromosikan karya mereka dan mencapai audiens yang lebih luas. Berikut adalah beberapa peran penting aplikasi streaming musik untuk band indie di Indonesia:

Memperluas Akses ke Musik Lokal

Aplikasi streaming musik memperluas jangkauan musik lokal dan indie ke seluruh Indonesia dan bahkan ke dunia internasional. Hal ini pastinya membawa dampak positif bagi industri musik lokal yang sebelumnya hanya dapat menjangkau pasar tertentu.

Langit Musik

Meningkatkan Eksposur

Aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox, dan Apple Music menawarkan layanan untuk merekomendasikan lagu-lagu baru kepada pengguna. Hal ini membuka peluang bagi band indie untuk mendapatkan eksposur lebih banyak dan menjangkau pendengar baru yang belum mengenal karya mereka sebelumnya.

Menambah Penghasilan

Aplikasi streaming musik juga memberikan kesempatan bagi band indie di Indonesia untuk menghasilkan uang dari musik mereka. Setiap kali lagu diputar di aplikasi streaming musik, band akan mendapatkan royalti sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian,aplikasi streaming musik dapat membantu band indie untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dan stabil.

Meningkatkan Profesionalisme

Dengan menggunakan aplikasi streaming musik, band indie dapat mengelola musik mereka secara profesional. Mereka dapat membuat profil, mengunggah lagu dan album, memantau jumlah stream dan penghasilan, serta menganalisis data pendengar.

Hal ini membantu band indie untuk memahami audiens mereka dan mengambil keputusan yang lebih tepat dalam mempromosikan karya mereka.

Memudahkan Distribusi Musik

Aplikasi streaming musik juga telah memudahkan distribusi musik di Indonesia. Mereka dapat mempromosikan musik mereka secara mandiri melalui aplikasi streaming musik dan media sosial. Hal ini membuka peluang lebih besar bagi musisi dan band lokal untuk terkenal dan sukses.

Salah satu aplikasi streaming musik yang paling getol dalam mendistribusikan dan mengangkat karya musik band lokal dan juga indie adalah Langit Musik yang dikelola Melon dan juga merupakan anak usaha Telkom Indonesia.

Langit Musik adalah aplikasi streaming musik asli Indonesia dengan lebih dari 9 juta katalog lagu, termasuk katalog lokal, seperti pop, indie, dan tradisional. Sejak awal 2019, 76% streaming di Langit Musik adalah lagu Indonesia walaupun aplikasi tersebut juga menyediakan lagu-lagu internasional.

Langit Musik juga menjadi salah satu platform, bahkan satu-satunya streaming musik yang menggunakan sistem revenue sharing alias pendapatan bagi hasil. Langit Musik mendapatkan pendapatan dari penjualan paket premium dan bundling yang dikenakan kepada pengguna aplikasi.

Tertarik untuk berlangganan Langit Musik? Bagi kalian pengguna Internet cepat IndiHome hanya dengan menambahkan add-on Langit Musik dan membayar Rp10.000 rupiah sudah langsung bisa menikmati ragam musik baik lokal maupun internasional selama 1 bulan penuh.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS