August 22, 2017

CloudProfessor dan Air Monitor, Dua Solusi Acer Jawab Perkembangan IoT

Penulis: Eko Lannueardy
CloudProfessor dan Air Monitor, Dua Solusi Acer Jawab Perkembangan IoT  

MOBITEKNO – Pertumbuhan Internet of Things (IoT) yang begitu pesat di berbagai negara, termasuk Indonesia rupanya memicu Acer untuk terjun ke pasar ini. Terbukti, pabrikan PC dan Notebook asal Taiwan ini merilis dua solusi terbarunya yang terbilang inovatif di ranah IoT, yakni CloudProfessor dan Air Monitor.

CloudProfessor yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada ajang EMEA BETT 2017 di London, Inggris lebih menyasar segmen pendidikan. Solusi ini sengaja Acer hadirkan untuk memberikan edukasi kepada pelajar agar lebih mudah mempelajari pemrograman alias coding walaupun mereka tak memiliki background IT.

Seperti diungkapkan oleh Riko Gunawan, Head of Business Development & Commercial Products, Acer Indonesia lewat rilis yang diterima oleh Mobitekno.com bahwa CloudProfessor adalah salah satu kontribusi Acer untuk memberi kemudahan bagi siswa memahami dunia IT, khususnya coding atau pemrograman.

"Dengan CloudProfessor, kami bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap Internet of Things atau IoT serta cloud kepada para pelajar dan orang-orang yang belum memiliki latarbelakang IT. Kami menjanjikan, lewat solusi ini, mereka dapat dengan mudah mempelajari coding yang nantinya berguna untuk membuat sebuah aplikasi," ujar Riko.

Perangkat CloudProfessor dapat terhubung dengan smartphone atau tablet berbasiskan Android, Chrome OS dan iOS. Para siswa nantinya juga dapat belajar melalui tutorial yang tersedia serta menyelesaikan script sederhana dan mendapatkan inspirasi untuk membuat sebuah project yang dapat dilakukan oleh mereka sendiri.

"Melalui smartphone, modul menjadi sangat portabel sehingga memungkinkan para pelajar untuk melakukan coding project mereka sendiri dengan mudah. Sehingga tidak hanya mengenal teknologi saja, namun para siswa juga dilatih kemampuan logika, berpikir sistematis, kreativitas dan problem solving yang sangat dibutuhkan dunia kerja saat ini," tambah Riko.

Produk lainnya yang juga turut diperkenalkan oleh Acer terkait dengan IoT ke konsumen di Indonesia adalah Air Monitor. Perangkat ini dirancang untuk memeriksa kualitas udara secara real-time dan memperlihatkan laporannya melalui aplikasi mobile yang bisa di-install ke dalam smartphone pengguna.

Acer Air Monitor memiliki enam indikator yang akan diperhatikan, yakni TVOC (Total Volatile Organic Compound), karbon dioksida, PM2.5, PM10, suhu dan kelembaban. Ketika salah satu indikator melebihi batas aman, secara otomatis perangkat pintar ini akan mengirim notifikasi ke smartphone pengguna.

"Kebanyakan orang menghabiskan 90% waktu mereka di dalam rumah, jadi sangat penting bagi kami untuk memberikan informasi tentang kualitas udara yang mereka hirup. Kami pikir udara di luar lebih kotor daripada udara dalam ruangan. Namun hal ini tidak menjadi jaminan bahwa udara di dalam ruangan terbebas dari debu dan polusi," ujar Riko.

Acer Air Monitor juga mendukung platform IFTTT sehingga memungkinkan air purifier yang kompatibel bisa menyala secara otomatis ketika kualitas udara dinilai kurang ideal. Perangkat ini juga dilengkapi lampu LED yang dapat padam secara otomatis saat berada di dalam ruangan dengan kondisi minim cahaya.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS