August 22, 2017

Ruang Kerja Terbuka Ganggu Konsentrasi Anda Bekerja? Jabra Tawarkan Headset Evolve 75

Penulis: Iwan RS
Ruang Kerja Terbuka Ganggu Konsentrasi Anda Bekerja? Jabra Tawarkan Headset Evolve 75  

MOBITEKNO – Konsep ruang kerja terbuka (open office atau open floor plan) banyak diadopsi perusahaan karena memberikan dampak positif bagi komunikasi dan kolaborasi diantara karyawan, terutama bagi kaum millennial. Salah satu perusahaan yang mengadopsi konsep open office adalah Apple di kantor barunya Apple Park.

Meski membawa banyak manfaat positif, konsep open office juga membawa ‘efek samping’ bagi sebagian karyawan yang membutuhkan konsentrasi tinggi saat bekerja. Gangguan, seperti hilir mudik karyawan di dalam ruangan atau perbincangan (diskusi) dengan sesama kolega menjadi satu dari sekian penghambat konsentrasi karyawan tersebut.

Adanya kebutuhan akan sarana pendukung atau tools untuk membantu para karyawan lebih dapat lebih fokus pada kerjaannya dijawab Jabra, produsen Jabra dengan merilis headset wireless terbaru, Evolve 75. Headset ini diklaim Jabra sudah dirancang khusus untuk mendukung para karyawan lebih berkonsentrasi di tempat kerja yang menganut konsep open office.

""

Menurut Ben Samman, Managing Director Jabra ASEAN, karyawan yang bekerja di kantor dengan konsep open office tidak dapat terhindar dari kebisingan atau gangguan lainnya tersebut. “Dampaknya bisa berpengaruh ke kinerja mereka," ujarnya di Jakarta (22/8/2017).

Jabra Evolve 75 adalah headset seri Evolve yang sejauh ini sudah terjual lebih dari 2,5 juta unit di seluruh dunia. Bagi Jabra, headset ini sangat cocok bagi pengguna yang bekerja di ruang kerja terbuak dan kerap menerima/melakukan panggilan telepon, serta melakukan pertemuan jarak jauh (remote meeting).

Jabra Evolve 75 mengandalkan serangkaian fitur unggulan, seperti Active Noise Cancellation (ANC), indikator lampu (busylight) terintegrasi, mendukung koneksi nirkabel (10 m via smartphone, 30 m via PC) dan dual connectivity. Fitur Dual connectivity memungkinkan headset ini terhubung dengan dua perangkat sekaligus, misalnya ke smartphone dan PC/notebook.

Seperti juga perangkat komunikasi untuk penggunaan bisnis di kantor, headset Evolve 75 sudah mendukung sertifikasi platform UC (Unified Communications), termasuk platform komunikasi Microsoft untuk ‘Skype for Business’ dan Cisco certification.

""

""

Saat pengujian singkat (hands-on experience), penulis sempat merasakan efek dari fitur ANC-nya yang langsung membuat kedap suasana di lokasi ruangan yang tergolong berisik (lebh berisik dari ruang open office) karena dipenuhi berbagai jenis suara. 

Headset yang sudah menyertakan kualitas suara HD (high-definition) untuk panggilan dan musik ini diklaim punya baterai yang dapat digunakan hingga 15 jam. Selain baterainya yang tahan lama, Evolve 75 juga berdesain minimalis dan ringan (177 gr) sehingga mudah digunakan untuk kebutuhan mobile.

Rencananya, Jabra akan mulai memasarkan headset Evolve 75 secara offline dan online di pasar Indonesia. Harga global Jabra Evolve 75 adalah US$ 279 (termasuk Link 370) dan US$ 329 (Link 370 dan charger stand). Menurut Budi Djohan, konsultan Jabra di Indonesia, harga jualnya di Indonesia menunggu penyesuaian lebih lanjut mengingat kategorinya sebagai produk impor.

Tags: , , , ,


COMMENTS