January 20, 2017

Huawei Tuduh Mantan Karyawannya di CoolPad Bocorkan Dokumen Perusahaan. Industrial Espionage?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Huawei Tuduh Mantan Karyawannya di CoolPad Bocorkan Dokumen Perusahaan. Industrial Espionage?  

MOBITEKNO – Salah satu konsekuensi dari perpindahan karyawan dari satu perusahaan ke perusahaan rival lain, diinginkan atau tidak, adalah turut berpindahnya informasi penting yang menyertai karyawan tersebut.

Kasus spionase di perusahaan teknologi (industrial espionage) sudah sering terdengar sehingga terjadi perseteruan yang berujung ke ranah hukum. Ini pula yang baru-baru ini terjadi antara dua perusahaan Tionghkok, yaitu Huawei dan Coolpad (kini bagian dari LeEco).

Baru-baru ini Huawei menuduh enam karyawannya (desainer dan engineer) telah membocorkan rahasia perusahaan ke Coolpad yang menjadi temapt mereka sekarang bekerja.

Menurut laporan Securities Times, keenam mantan karyawan Huawei ini telah ditahan untuk diinvestigasi lebih lanjut oleh pihak berwenang di Shenzhen (Shenzen Public Securities Department). Mereka dituduh melakukan pelanggaran terkait paten yang dibuat sebelum mereka bergabung dengan Coolpad.

Salah satu karywan yang ditahan adalah Wu Bin, chief architect samrtphone Huawei Ascend P6 yang dirilis 203 lalu. Huawei menuduh Wu Bin telah melakukan pelanggaran yang menyebabkan Huawei melakukan ‘kerugian besar’, meski tidak disebutkan detail jumlahnya.

Seperti yang sudah diduga, LeEco sebagai induk perusahaan Coolpad melalui akun resmi Weibo mengklaim bahwa tuduhan keterlibatan mereka hanyanyal rumor. Coolpad juga mengungkapkan hal senada dengan menyatakan bahwa karyawan mereka telah membantah adanya keterlibatan dalam aksi pencurian dokumen dan kode penting dari tempat bekerjanya dulu.

Siapa yang benar pastinya masih perlu ditunggu nanti. Perkembangan selanjutnya bisa berujung ke proses pengadilan panjang atau malah menuju kesepakatan damai dari kedua pihak.

Tags: , , , , ,


COMMENTS