April 15, 2017

LINE Hasilkan 12 Developer Lokal di LINE Developer Challenge 2017

Penulis: Karyo
LINE Hasilkan 12 Developer Lokal di LINE Developer Challenge 2017  

MOBITEKNO – Setelah kompetisi LINE Developer Challenge 2017 digelar sejak 2 Februari hingga 31 Maret 2017 lalu, LINE Indonesia akhirnya berhasil menjaring 399 developer lokal di seluruh Indonesia untuk berinovasi dan berkarya dalam pengembangan BOT pada platform LINE. LINE Developer Challenge merupakan sebuah kompetisi terbuka bagi para developer Tanah Air baik individu, pelajar, maupun kelompok untuk mengembangkan BOT pada platform LINE menggunakan LINE@ Messaging API (LINE ChatBot) yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap teknologi.

Kompetisi ini merupakan sebuah terobosan dan solusi bisnis untuk mengembangkan sebuah produk yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.LINE Developer Challenge 2017 yang merupakan kompetisi pengembangan BOT pertama dari LINE di Indonesia dan didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding ini, akhhirnya menghasilkan 12  developer lokal berpotensi.

Ke-12 developer terbaik itu masing-masing adalah Hello Yuu, GetDiskon, Cek-Resi Bot, dan MakanYuk! Untuk kategori utilitas, Pablow, LoveGet!, Hi Yuri, dan Othello untuk kategori game, serta LibraryPedia, Leptons, Tanya Jalan, dan Qiwi Portal untuk kategori student.

LINE Developer Challenge  2017 ini   dibagi menjadi tiga kategori, Kategori Utillitas untuk bot yang membuat tugas sehari-hari lebih mudah. Kategori Game, yaitu bot yang sangat interaktif dan dapat mendekatkan antar pengguna. Serta kategori Student.

Setelah melalui penjurian dan seleksi yang ketat akhirnya dari 12  finalis tersebut menghasilakan para pemenang sebagai berikut :

  1. Untuk kategori game dimenangkan oleh Pablow (Juara pertama), Othello (Juara kedua)
    dan LoveGet! (Juara ketiga).
  2. Untuk kategori Utilitas dimenangkan oleh Get Diskon (Juara pertama),  Hello Yuu (Juara kedua),  MasakYuk! (Juara ketiga).
  3. Untuk Kategori Student dimenangkan oleh Qiwi Portal (Juara pertama),Tanya Jalan (Juara kedua), LibraryPedia (Juara ketiga).
  4. Sedangkan untuk kategori juara utama dimenangkan oleh Hi Yuri!

Untuk  masing-masing kategori (kategori Utilitas dan Game) mendapatkan hadiah uang tunai Rp 100 juta dan $120.000 Azure Credit untuk juara pertama, Rp 75 juta untuk juara kedua dan Rp 50 juta untuk juara ketiga. Sementara untuk kategori Student mendapatkan  Rp 50 juta untuk juara pertama, Rp 30 juta untuk juara kedua dan Rp 20 juta untuk juara ketiga. Sedangkan juara  pertama juara dari semua kategori yang mendapatkan hadiah utama sebesar Rp 250 juta dan dan $120.000 Azure Credit.

“Line Developer Challenge merupakan wadah bagi para developer untuk dapat menyalurkan dan mengembangkan potensi mereka,” ujar Ongki Kurniawan selaku Managing Director LINE Indonesia, saat pengumunan pemenang LINE Developer Challenge 2017 di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

"Kami percaya bahwa para developer Indonesia adalah talenta kreatif yang dapat membuat dunia menjadi lebih baik melalui inovasi-inovasi mereka yang luar biasa," ujar Ongki lagi.

Kendati demikian, menurut Ongki, para developer lokal ini masih menghadapi banyak tantangan. "Karena itu, kami menginisiasikan LINE Developer Challenge pertama di Indonesia sebagai upaya kami untuk menjadi pemimpin di inovasi chatbot serta memberikan wadah bagi para developer untuk dapat menyalurkan dan mengembangkan potensi mereka," tambah  Ongki.

LINE percaya bahwa potensi para developer Indonesia akan semakin berkembang dan LINE akan terus mendukung para developer lokal untuk berkarya dan berinovasi untuk menjawab ragam permasalahan dan memberikan solusi untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS