October 13, 2017

Shell Ajak Generasi Muda Indonesia Berbagi Ide Masa Depan dalam "Shell Campus Week"

Penulis: Desmal Andi
Shell Ajak Generasi Muda Indonesia Berbagi Ide Masa Depan dalam "Shell Campus Week"  

MOBITEKNO – Masa depan memang ada di bahu para pemuda Indonesia. Oleh sebab itu, banyak para pelaku usaha tidak lelah dalam memacu para generasi muda agar selalu berinovasi dalam ide-ide cemerlang guna kemajuan bangsa Indonesia. Hal ini juga dilakukan PT Shell Indonesia. Bertajuk “Shell Campus Week”, PT Shell Indonesia bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) menghadirkan berbagai ide cemerlang untuk menjawab berbagai tantangan masa depan, terutama untuk masalah energi.

Acara yang digelar selama 2 hari yaitu 10-11 Oktober 2017 di kampus ITB Bandung ini dihadiri langsung oleh President Director & Country Chairman Shell Indonesia, Darwin Silalahi; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bandung, dr. Ahyani Raksanagara M.Kes; serta Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan kemitraan ITB, Prof Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono. Mereka melakukan kuliah uum yang memaparkan tentang pentingnya partisipasi generasi muda untuk mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik melalui beragam inovasi energi.

Kami menyambut gembira kerjasama Shell Indonesia dan ITB dalam penyelenggaraan kegiatan ini, yang memberikan kesempatan kepada berbagai individu, akademika, pemerintah dan pelaku bisnis untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan tentang beragam tantangan dan peluang energi masa depan,” kata Darwin Silalahi. “Kami berharap forum-forum seperti ini bisa diadakan di berbagai perguruan tinggi lain untuk menginspirasi generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi dan membantu mewujudkan masa depan,” tambah Darwin.

Di Festival Shell Campus Week ini,  PT Shell Indonesia juga menghadirkan Container of Possibilities (CoP) sebuah inovasi berbentuk kontainer dengan ukuran 20 kaki yang telah diubah menjadi unit layak huni. CoP ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi hemat energi. Teknologi dan inovasi-inovasi yang ada di CoP ini diantaranya adalah:

  • Ekonomi Energi Baru (A New Energy Economy), yaitu jendela bertenaga surya yang dapat menghasilkan energi untuk rumah. Teknologi ini, kelebihan energi dapat disimpan untuk penggunaan di masa depan.  
  • Peringatan Energi (Energy Alert), yaitu sebuah teknologi yang dapat memberikan peringatan tentang adanya kemungkinan pemborosan energi dan efisiensi pengoperasian peralatan listrik di dalam rumah.
  • Pencahayaan Cerdas (Smart Lighting), yaitu sistem pencahayaan cerdas nirkabel dengan Hue melalui penggunaan lampu LED hemat energi yang mampu memberikan nuansa pencahayaan putih dan berwarna.
  • Tenaga Langkah Kaki (Powered by Footsteps), yaitu pemanfaatan ubin Pavegen untuk menangkap energi kinetik dari langkah kaki dan mengubahnya menjadi listrik. Hasilnya adalah energi yang bersih dan terbarukan.

""

Merakit Mini Salt Water, salah satu aktivitas di Shell Campus Week

Memanfaatkan Shell Campus Week, PT Shell Indonesia juga menampilkan mobil hemat energi karya tim-tim mahasiswa ITB yang telah berkompetisi di Shell Eco-Marathon sejak tahun 2010. Bahkan, di awal keikutsertaannya, tim Exia dari ITB yang mengusung mobil berbahan baku Etanol berhasil menyabet Juara 1 penghargaan “People Choice Award” dengan raihan lebih dari 65 ribu suara. Prestasi ini berlanjut pada tahun 2012 di Shell Eco-Marathon Asia dengan meraih Juara 2 “UrbanConcept Battery Electric Award.”

Berbagai prestasi yang pernah diraih ITB dalam berbagai kegiatan merupakan salah satu alasan mengapa PT Shell Indonesia memilih kampus ini untuk kuliah umum “Shell Campus Week.”

Tags: , , , ,


COMMENTS