January 10, 2017

Libur Panjang dan Tahun Baru Trafik XL Melonjak Hingga 2.500 TB

Penulis: Eko Lannueardy
Libur Panjang dan Tahun Baru Trafik XL Melonjak Hingga 2.500 TB  

MOBITEKNO – Tak berbeda dengan Telkomsel dan Indosat, PT XL Axiata Tbk (XL) juga berhasil menopang kenaikan trafik libur panjang akhir tahun, termasuk ketika malam pergantian tahun. Trafik layanan data XL rata-rata sejak mulai libur panjang 19 Desember 2016 – 1 Januari 2017 meningkat hingga 180%, yaitu mencapai lebih dari 2.500 TB per hari di malam pergantian tahun. 

Yessie D Yosetya Direktur/Chief Service Management Officer XL menegaskan bahwa semua jenis layanan mengalami kenaikan trafik, terutama akses ke layanan data dan SMS. Puncaknya di malam pergantian tahun, trafik data meningkat hingga mencapai 15% dan SMS meningkat 35% dibandingkan hari biasa. 

"Bagi kami, berapapun kenaikan trafik, yang paling penting adalah kualitas layanan mampu dijaga sehingga masyarakat mendapatkan manfaat maksimal selama mengisi liburannya. Sejak awal tahun kapasitas jaringan XL telah ditingkatkan hingga 3 kali lipat khususnya untuk menampung lonjakan trafik di periode tertentu," ujar Yessie. 

Ditambahkan oleh Yessie, XL juga menerapkan teknologi jaringan termutakhir yang mampu secara singkat dan fleksibel menambah atau mengurangi kapasitas di suatu lokasi. Teknologi tersebut terbukti mampu mendukung upaya XL menjaga kualitas jaringan di saat terjadi lonjakan trafik setiap kali tiba masa liburan panjang dan hari besar.

Peningkatan penggunaan layanan Data sepanjang libur panjang akhir tahun, antara lain ditunjukkan dengan meningkatnya akses pada beberapa layanan media sosial terpopuler. Melalui media sosial, masyarakat mengunduh dan mengunggah berbagai materi, baik tulisan, foto, lagu, dan video. 

"Akses ke media sosial rata-rata meningkat sebanyak 60%. Sementara itu, untuk akses ke layanan video juga turut naik sekitar 21%. Intensitas masyarakat pun dalam menggunakan sejumlah aplikasi pengirim pesan, seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger, dan Telegram, juga meningkat," tambah Yessie.

Dilihat secara lokasi, kenaikan trafik layanan terjadi terutama wilayah tujuan wisata, terutama di Pulau Jawa, di hampir semua provinsi. Kota-kota yang terlihat menjadi tempat kenaikan trafik antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya. Di luar Jawa terjadi di beberapa destinasi wisata populer di Bali, juga di beberapa kota besar seperti Makassar dan Medan.

XL memiliki jaringan telekomunikasi dan internet cepat yang ditopang oleh lebih dari 81 ribu BTS, sebanyak lebih dari 7 ribuan di antaranya BTS 4G. Jaringan tulang punggung Fiber Optic milik XL mencapai lebih dari 40 ribu km, yang menghubungkan hampir semua pulau besar di Indonesia. 

Sebanyak 89 kota telah terlayani oleh 4G LTE, dan lebih dari 350 kabupaten/kota terlayani jaringan 3G dengan frekuensi 900 MHz. Hampir semua kota atau area yang merupakan pusat bisnis dan tujuan wisata populer di Indonesia telah ter-cover oleh layanan internet cepat XL secara memadai.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS