January 10, 2017

Terus Tumbuh, Inilah Catatan "Emas" Huawei CBG pada Tahun 2016

Penulis: Eko Lannueardy
Terus Tumbuh, Inilah Catatan "Emas" Huawei CBG pada Tahun 2016  

MOBITEKNO – Huawei Consumer Business Group (CBG) telah mengeluarkan laporan terbarunya terkait dengan kinerja perusahaan di tahun 2016 lalu. CBG memperkirakan adanya kenaikan sebesar 42% dari tahun sebelumnya. Hal ini menghasilkan pendapatan penjualan sebesar 178 milyar RMB (atau setara dengan 345,4 triliun Rupiah) serta pertumbuhan yang stabil pada tahun kelima secara berturut-turut.

Laporan lainnya menyebutkan, CBG berhasil melakukan pengiriman smartphone hingga mencapai mencapai 139 juta unit dengan pertumbuhan sebesar 29% dari tahun ke tahun. Menurut Internasional Data Corporation (IDC), kenaikkan global untuk pengiriman ponsel pintar di tahun 2016 hanya mencapai angka 0,6%. Data tersebut menunjukkan bahwa performa Huawei melampaui performa pasar secara keseluruhan.

Lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno.com, Richard Yu selaku CEO Huawei CBG menegaskan bahwa CBG terus berkembang dengan kecepatan industri ICT yang terkemuka ditengah-tengah kondisi pasar yang sulit. Hal ini tak lain berkat konsumen Huawei dan pendekatan Huawei yang berpusat pada inovasi, komitmen membangun premium brand, memperkuat jaringan global serta menyediakan layanan yang berkualitas.

"Pada tahun 2017, Huawei akan memperkuat rantai pasokan, saluran distribusi, penelitian dan pengembangan, layanan-layanan dan area lainnya yang berkontribusi dalam mempersingkat proses operasional, meningkatkan efisiensi dalam proses pembuatan keputusan serta implementasi dan mendorong strategi internasionalisasi dan secara proaktif mengembangkan kapasitas di masa depan," ujar Richard Yu.

Pada tahun 2016 lalu, Huawei CBG fokus dalam mengembangkan sejumlah inovasi yang berdampak besar bagi konsumen dan telah melakukan terobosan. Berkat kemajuan teknologi yang telah dibuat, produk unggulan Huawei seperti P9, Mate 9 dan Honor 8 berhasil mendapat mengakuan konsumen secara global. 

Tak hanya itu, pengiriman Huawei P9 dan P9 Plus diseluruh dunia telah melebihi 10 juta unit. Hal ini menjadikan kedua perangkat tersebut sebagai smartphone pertama Huawei yang mampu memecahkan rekor penjualan sebesar 10 juta unit. Hal serupa juga terjadi pada seri Huawei Mate 9 yang diluncurkan pada November 2016 lalu. 

Perkembangan Huawei sebagai sebuah brand premium di tahun 2016 pun patut diperhitungkan. Huawei telah menggandeng pemain bola internasional, Lionel Messi untuk menjadi ambassador serta bintang Hollywood Henry Cavill dan Scarlett Johansson sebagai juru bicara dari produk P9. Selain itu, Huawei juga telah bekerja sama dengan platform mode VOGUE serta berbagai acara dari fashion week.

Keberhasilan lainnya, Huawei juga kembali terdaftar dalam Interbrand Top 100 Global Brands diperingkat ke 72. Di saat yang sama Huawei mendapatkan peringkat ke 50 dari BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands. Menurut penelitian IPSOS, kesadaran masyarakat global terhadap brand Huawei pun meningkat dari 76% di tahun 2015 menjadi 81% di tahun 2016.

Tags: , , , ,


COMMENTS