May 26, 2016

Pecahkan Rekor, Peneliti Jerman Hasilkan Transmisi Data Nirkabel 6 Gb Per Detik

Penulis: Abdillah
Pecahkan Rekor, Peneliti Jerman Hasilkan Transmisi Data Nirkabel 6 Gb Per Detik  

MOBITEKNO – Pernah terpikirkan sebelumnya untuk mengunduh konten DVD dalam waktu kurang dari 10 detik secara nirkabel? Hal inilah yang dilakukan oleh tim insinyur Jerman, dimana mereka berhasil memecahkan rekor untuk transmisi data nirkabel menggunakan sinyal radio terestrial.

Sebuah tim peneliti yang berasal dari Fraunhofer Institute for Applied Solid State Physics mengklaim telah mengalahkan rekor sebelumnya melalui cara ini untuk mentransmisikan data 10 kali lebih besar. Untuk mencapai prestasi tersebut, mereka telah mentransmisikan data pada sinyal di band frekuensi radio 71-76 GHz -yang biasanya digunakan untuk terestrial dan satelit penyiaran.

Namun, untu masuk ke dalam jumlah data yang besar ini, mereka membutuhkan rasio signal-to-noise yang impresif, untuk menghindari pemborosan bandwidth pada koreksi kesalahan. Jadi, tim membangun sistem dari pemancar dan penerima yang sangat efisien. Pemancar didasarkan pada chip semikonduktor yang dibuat dari gallium-nitrida, memberikan sinyal daya tinggi yang dipancarkan dari antena yang memiliki pola seperti parabola. Sinyal yang dipancarkan juga telah difokuskan ke arah tertentu.

Mereka telah menstransmisikan sinyal antara menara 45-story di pusat kota Cologne dan Space Observation Radar di Wachtberg, dalam jarak 23 mil. Di penerima atau receiver, para peneliti menggunakan amplifier khusus low-noise yang dibangun menggunakan transistor indium-gallium-arsenide. Dengan tingkat sensitivitasnya, cara ini memungkinkan receiver untuk mendeteksi sinyal yang lemah sekalipun.

Dengan berhasilnya mendapatkan kecepatan 6 gigabits per detik, prestasi ini menjadi satu hal nyata yang mengesankan. Para peneliti juga menunjukkan bahwa sinar transmisi tunggal dapat digunakan untuk memasok hingga 250 koneksi internet yang berjalan pada 24 megabits per detik ke tempat yang tidak mungkin untuk menjalankan sambungan kabel. Meskipun sistem ini paling cocok untuk zona bencana, misalnya, tetapi para peneliti menganggap sistem tersebut bisa menjadi pembuktian "pengganti yang efektif dalam biaya untuk penyebaran serat optik."

Tags: , , , ,


COMMENTS