August 23, 2016

Pikat Konsumen yang Sensitif Harga, Samsung Ingin Jual Smarthone Refurbished

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pikat Konsumen yang Sensitif Harga, Samsung Ingin Jual Smarthone Refurbished  

MOBITEKNO – Sebagai penguasa pasar Android dengan brand awareness yang kuat, wajar saja jika smartphone Samsung dengan serangkaian seri Galaxy-nya ditawarkan dengan harga yang terbilang tidak murah. Ambil contoh, salah satu smartphne/phablet flaghsip-nya yang baru dirilis, Galaxy Note 7, yang dijual di Indonesia seharga Rp 10,7 juta.

Begitu pula dengan smartphone flagship lainnya, seperti Galaxy S7 yang harganya di kisaran Rp 8 jutaan atau dan Galaxy S7 Edge seharga Rp 10 jutaan (tergantung spesifikasi dan paket produk).

Kekuatan merek/brand smartphone juga mengakibatkan harga smartphone Galaxy terdahulu, seperti Galaxy S6, Edge, atau Edge Plus masih masih ‘anteng’ di kisaran Rp 8 jutaan hingga Rp 10 jutaan. Kondisi tidak jauh berbeda juga terjadi di pasar smartphone Galaxy lama/bekas yang harganya tidak mengalami penurunan berarti dibandingkan smartphone merek lainnya.

Kondisi ini menyebabkan sebagian konsumen dengan bujet terbatas lebih memilih smartphone asal Tiongkok, seperti Huawei, Lenovo, Xiaomi, ZTE, OnePlus, atau lainnya yang menawarkan harga terjangkau dengan spesifikasi utama yang tidak kalah dibandingkan smartphone Samsung.

Samsung bukan tidak menyadarinya. Menurut kabar yang dilansir dari Reuters, raksasa elektronik Korea tersebut berniat menawarkan smartphone factory refurbished dengan harga diskon yang ‘lumayan keras’. Namun, kapan program tersebut dimulai dan seberapa besar diskonnya dibandingkan harga awal/asli produk tidak dijelaskan lebih lanjut.

Berbeda dengan smartphone ‘rekondisi’, smartphone refurbished yang dikerjakan langsung oleh pabrikan resmi dianggap lebih aman bagi para konsumen karena dijamin keaslian komponennya. Seperti Samsung, Apple pun sudah menjalankan strategi refurbished untuk berbagai produk iPhone.

Rencana pemasaran smartphone Galaxy refurbished dianggap merupakan strategi Samsung untuk menjaga profit divisi mobile-nya selama ini yang kian ‘moncer’. Kosumen di negara-negara berkembang Asia, termasuk Indonesia dianggap merupakan salah satu target Samsung meluncurkan program smartphone refurbished tersebut.

Apabila benar-benar terwujud, tentu saja akan menarik konsumen jika nantinya di pasar akan hadir Galaxy S7 atau Note 7 refurbished yang dijual seharga dua pertiga harga awal Galaxy S7 atau Note 7.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS