March 23, 2016

Samsung Mungkin Percepat Jadwal Rilis Galaxy Note 6

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Samsung Mungkin Percepat Jadwal Rilis Galaxy Note 6  

MOBITEKNO – Hiruk pikuk seputar smartphone Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge masih terus berlangsung, rumor smartphone flagship berikutnya, Galaxy Note 6 tidak perlu menunggu lama unutk muncul di permukaan.

Kabar awalnya dihembuskan website Korea Selatan, The Bell, yang melaporkan bahwa Galaxy Note 6 diprediksi akan dirilis lebih cepat pada bulan Juli ini.

Apabila dilihat waktu rilisnya mulai dari tahun 2014 hingga 2015, terlihat flaghsip yang selalu menyertakan stylus (S Pen) ini menunjukkan adanya percepatan jadwal. Jadwal peluncuran Galaxy Note 5 pada Agustus 2015 mengalami percepatan satu bulan dibandingkan Galaxy Note 4 sebelumnya yang dirilis bulan September.

Hal ini bisa saja menunjukkan adanya riset dan pengembangan produk, serta proses manufaktur Samsung yang semakin cepat dan optimal. Jadi, tidak mengherankan pula muncuk dugaan Galaxy Note 5 yang bersandi "Grace" ini akan dirilis lebih lagi dibandingkan Note 5, yait pada bulan Juli nanti.

Selain jadwal rilis yang semakin maju, The Bell juga melaporkan bahwa Galaxy Note 6 kemungkinan akan mengusung mobile OS terbaru Android N dalam paketnya. Cukup masuk akal mengingat Google telah merilis Android N versi developer preview pada bulan ini. Rumor tetaplah rumor, jadi kapan jadwal pastinya masih perlu konfirmasi Samsung beberapa hari menjelang peluncuran resminya.

Galaxy Note 6 diprediksi juga akan memiliki kapasitas RAM 6 GB. Kapasitas RAM 6 GB saat ini sudah ditawarkan pada samrtphone Vivo Xplay 5 Elite dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820. Simak juga artikel “Samsung NAND Flash UFS 2.0 256 GB: Inikah Kandidat Chip Storage buat Galaxy Note 6?

Mengingat jadwal rilis dalam tahun yang sama, phablet berlayar 5,8 inci ini sangat mungkin akan mengusung kamera yang sama dengan Galaxy S7 dan S7 Edge (12MP rear facing camera). Belum dapat dipastikan apakah Samsung pun akan menerapkan penggunaan dua jenis sensor kamera (Sony IMX260 atau Samsung ISOCELL) seperti yang diterapkan pada Galaxy S7 dan S7 Edge.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS