March 23, 2016

Setelah WhatsApp, Giliran Facebook Stop Dukung BlackBerry OS dan BlackBerry 10

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Setelah WhatsApp, Giliran Facebook Stop Dukung BlackBerry OS dan BlackBerry 10  

MOBITEKNO – Lembaran baru BlackBerry dengan smartphone Android telah dimulai dengan BlackBerry Priv yang diluncurkan tahun lalu. Smartphone berlayar 5,4 inci ini masih mempertahankan keyboard QWERTY (sliding keyboard) yang masih banyak disukai oleh penguna hingga saat ini.

Dengan dirilisnya smartphone berbasis Android 5.1.1 (Lollipop) pada Priv, banyak pihak pun menduga perlahan tapi pasti BlackBerry akan meninggalkan sistemnya yang lama, BBOS dan BlackBerry 10, untuk lebih okus pada sistem Android.

Sebagai salah satu konsekuensi mulai beralih ke ekosistem Android, BlackBerry pada blog resminya mengumumkan bahwa Facebook akan menghentikan dukungannya untuk BBOS dan BlackBerry 10.

Dalam pernyataan pada blog resminya tertulis, "Baru-baru ini, Facebook telah membuat keputusan menghentikan dukungan API utamanya untuk BlackBerry dan WhatsApp pun akan menghentikan dukungan buat BlackBerry 10 dan BBOS pada akhir 2016."

Pengumuman ini datang tidak jauh berselang setelah WhatsApp merilis informasi bahwa dukungan aplikasinya akan berakhir untuk BBOS dan perangkat Nokia hingga tenggat 2017.

Meski dukungan dari berbagai aplikasi satu per satu akan berakhir, pihak BlackBerry tetap menyatakan komitmennya pada BlackBerry 10 dan developer-nya selam ini. Setelah tiga tahun dirilis, BlackBerry 10 telah didukung oleh sekitar 70 ribu aplikasi.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS