March 16, 2016

Tren Startup: Tiga Sektor yang Eksis di Tahun 2016

Penulis: Eko Lannueardy
Tren Startup: Tiga Sektor yang Eksis di Tahun 2016  

MOBITEKNO – Sebanyak lebih dari 83 ribu penduduk Indonesia sebagai pengguna internet, 85% diantaranya mengakses lewat perangkat mobile. Hal ini memacu bisnis rintisan atau startup di bidang teknologi di Tanah Air menjadi salah satu sektor yang semakin diminati dan terus berkembang pesat.

Perkembangan tersebut juga diikuti dengan banyaknya bermunculan investor, baik venture capital maupun angel investor asal Tanah Air. Hal ini pula yang mendorong bisnis startup tak hanya mampu berbicara di level dalam negeri, tetapi juga siap ekspansi ke tingkat global.

Inilah sedikit informasi yang dijabarkan oleh DailySocial.id dalam risetnya bertajuk "Indonesia Startup Report 2015". Laporan tersebut juga mengurai lebih dalam mengenai prediksi tren startup teknologi di tahun 2016. Setidaknya, ada tiga sektor startup yang menjadi daya tarik di tahun 2016, yakni E-Commerce, On Demand Service dan FinTech.

Rama Mamuaya, Founder sekaligus CEO DailySocial.id menegaskan bahwa startup teknologi di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Sektor E-Commerce masih memainkan peranan penting. Prediksi pertumbuhan penjualan pada tahun 2016 ini tumbuh sebesar 22%. Sektor ini juga diminati sebanyak 13% oleh investor dalam berinvestasi di tahun ini.

"Indonesia kerap dikatakan sebagai negara acuan dalam bidang E-Commerce setelah Tiongkok dan India. Tak hanya, E-Commerce, sektor lainnya yang menjadi daya tarik bagi konsumen maupun investor seperti kehadiran layanan On Demand juga FinTech yang diperkirakan tumbuh masing-masing sebesar 38% dan 11%," ujar Rama.

Dengan perkembangan mobile dan mulai berubahnya gaya hidup masyarakat ke digital, tiga sektor tersebut akan semakin mempermudah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Rama menambahkan, layanan On Demand tidak hanya terbatas pada jasa delivery makanan atau transportasi, tetapi juga layanan lainnya, seperti asistent pribadi virtual.

"FinTech juga salah satu sektor yang berkembang pesat. Hal ini wajar melihat kondisi masyarakat Indonesia yang baru hanya 19% terjamah produk keuangan modern. Startup yang bergerak di sektor ini bertujuan ingin menjangkau lebih banyak masyarakat yang belum mengenal dan kemudian mengajak menggunakan produk keuangan modern," tutup Rama.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS