June 14, 2016

IC Insight: Top-12 Pemasok Smartphone Dunia Dikuasai oleh Produsen Asal Tiongkok

Penulis: Eko Lannueardy
IC Insight: Top-12 Pemasok Smartphone Dunia Dikuasai oleh Produsen Asal Tiongkok  

MOBITEKNO – Lewat risetnya bertajuk 2016 IC Market Drivers Report, IC Insight melaporkan bahwa selama kuartal pertama 2016, pasar smartphone dunia dikuasai oleh pabrikan asal Tiongkok.

Dari Top-12 pemain smartphone kelas dunia, 8 diantaranya nongkrong produsen smartphone asal Tiongkok. Tercatat, ada Huawei, OPPO, Xiaomi, Vivo, ZTE, Lenovo, TCL dan Meizu.

Hal menarik lainnya, laporan ini juga menyebutkan untuk pertama kalinya Micromax, asal India tercatat ke dalam Top-12 pemasok smartphone dunia.

Samsung dengan penjualan mencapai 81,5 juta unit adalah produsen smartphone terbesar di kuartal pertama 2016. Peringkat kedua diduduki oleh Apple yang berhasil memproduksi hingga 51,6 juta unit iPhone.

Produsen smartphone asal Korea Selatan lainnya, yakni LG berhasil menduduki posisi keenam Top-12. Pada kuartal pertama 2016 ini, LG berhasil mengapalkan smartphone rancangannya sebanyak 13,5 juta unit.

Dibandingkan laporan tahun sebelumnya, ada tiga produsen smartphone yang terlempar dari 12 besar, yakni Sony yang berbasis di Jepang, Microsoft yang berbasis di Amerika Serikat dan Coolpad yang berbasis di Tiongkok.

Ketiga produsen smartphone tersebut pada kuartal pertama 2016 ini hanya mampu memasarkan perangkat yang dikembangkannya sebanyak 3,4 juta (Sony), 2,3 juta (Microsoft) dan 4 juta (Coolpad).

Tags: , , , ,


COMMENTS