October 10, 2016

Respon Cepat Aduan Warga, Pemprov Jawa Tengah Adopsi Twitter Kemala

Penulis: Eko Lannueardy
Respon Cepat Aduan Warga, Pemprov Jawa Tengah Adopsi Twitter Kemala  

MOBITEKNO – Pemprov Jawa Tengah belum lama ini telah mengumumkan kemitraan dengan Twitter Indonesia untuk meningkatkan pelayanan publik dan interaksi dengan warga melalui Twitter Kemala. Kepanjangan dari Kelola Melantas Layanan, Twitter Kemala adalah solusi layanan publik yang disediakan untuk mempermudah komunikasi antara pemerintah dengan warganya. 

Dengan menggunakan Twitter Kemala, tercatat Pemprov Jawa Tengah menjadi institusi pemerintahan pertama di Indonesia yang mengadopsi layanan tersebut untuk menjalankan praktik e-governance yang lebih efisien dan transparan. Lewat solusi ini, warga Jawa Tengah hanya perlu mengirimkan "kicauannya" menggunakan tagar #KemalaJateng.

Lalu, bagaimana cara kerja Twitter Kemala? Semua pertanyaan, usulan, keluhan warga yang disampaikan perlu disisipkan tagar #KemalaJateng. Selanjutnya, kicauan tersebut akan didistribusikan oleh tim Pemprov Jawa Tengah dengan lebih cepat kepada institusi terkait. Pada akhirnya, institusi terkaityang bersangkutan akan merespon tweet warga tersebut melalui Twitter.

"Twitter telah lama menjadi jembatan komunikasi antara warga Jawa Tengah dengan Pemprov. Mereka tweet pertanyaan, laporan, maupun keluhan kepada saya ataupun langsung ke masing-masing institusi terkait. Kami percaya, hadirnya Twitter Kemala akan membantu Pemprov Jawa Tengah untuk memberikan layanan publik yang lebih baik lagi," ujar Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Twitter Kemala dikembangkan sebagai solusi pelayanan publik yang dapat digunakan oleh mitra-mitra Twitter di Indonesia, terutama lembaga-lembaga pemerintah. Twitter Kemala memungkinkan berbagai institusi untuk menyediakan informasi dan respon yang cepat, efisien, serta real-time terhadap berbagai pertanyaan, permintaan, maupun keluhan masyarakat.

Diluncurkan pertama kali di India dengan nama Twitter Seva, solusi ini telah digunakan oleh berbagai lembaga pemerintah di India seperti Kementrian Perdagangan (@DIPPGOI), Kementrian Luar Negri (@MEAIndia), Kementrian Kereta Api (@RailMinIndia), Departemen Telekomunikasi (@Dot_India) dan beberapa lembaga lainnya.

Sebagai platform yang selalu mendukung budaya lokal, Twitter juga terus berkomitmen memfasilitasi institusi yang telah menggunakan platform ini secara aktif. Dengan sifat Twitter yang real-time, platform ini telah menjadi pilihan berbagai institusi di Indonesia untuk menyampaikan informasi sekaligus berkomunikasi dengan masyarakat secara cepat dan responsif.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS