October 10, 2016

Cihuy, Prisma Sudah Bisa Bekerja Secara Offline di Android

Penulis: Desmal Andi
Cihuy, Prisma Sudah Bisa Bekerja Secara Offline di Android  

MOBITEKNO – “Prisma is over capacity”, pesan ini sering menjengkelkan saat menggunakan aplikasi Prisma untuk mengedit foto atau gambar. Cara kerja Prisma yang menggunakan sistem online kadang membuat proses edit gambar tidak berhasil. Server Prisma sering gagal memproses foto jika banyak yang menggunakan dalam waktuu bersamaan.

Namun, menyusul kabar Prisma yang kini dapat mengedit video, Prisma juga memberikan kabar baik untuk pengguna yang ingin memberikan efek-efek khusus dalam fotonya. Di versi terbaru, Prisma sudah meninggalkan algoritma online process untuk mengedit sebuah foto. Prisma membawa proses edit ke dalam aplikasinya. Jadi, prosesnya akan lebih cepat dan tidak akan ada lagi pesan menyebalkan tersebut. Baterai smartphone pun akan lebih awet proses edit pasti berhasil.

Sampai berita ini diturunkan, kabarnya sudah 60% style atau efek foto yang bisa dikerjakan secara offline. Selebihnya akan diselesaikan sampai akhir bulan ini. Dengan demikian, akses Internet hanya dibutuhkan untuk men-download efek atau style tersebut agar tersimpan dalam smartphone.

Dengan menggunakan cara offline untuk memproses sebuah foto, semua proses akan bergantung kepada kemampuan device. Device yang memiliki spesifikasi CPU tinggi tentu akan memprosesnya dengan cepat. Namun, dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama jika menggunakan device dengan spesifikasi renah. “Anda hanya membutuhkan tambahan beberapa detik saja jika menggunakan proses offline ini di smartphone yang murah (spesifikasi rendah),” ujar Aram Airapetyan, Co-Founder Prisma, seperti dikutip dari Android Authority.

Aram memberikan contoh penggunaan proses ini di Samsung Galaxy S7 dengan spesifikasi tinggi dan Xiaomi Redmi Note 3 dengan spesifikasi di bawahnya. Di S7 proses hanya membutuhkan waktu dua detik. Sementara di Xiaomi Redmi Note 3 membutuhkan waktu sekitar lima detik.

Aram juga memberikan informasi mengenai Prisma untuk video. Saat ini, Prisma untuk video baru tersedia di perangkat berbasis iOS. Namun, sekitar 2-3 minggu lagi, Prisma untuk video ini akan diusahakan agar bisa bekerja di perangkat Android.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS