June 9, 2016

Huawei Ingin Jadi Produsen Smartphone Nomor Satu dalam Lima Tahun Mendatang

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Huawei Ingin Jadi Produsen Smartphone Nomor Satu dalam Lima Tahun Mendatang  

MOBITEKNO – Setelah menjadi produsen peralatan telekomunikasi dan infrastruktur jaringan kelas dunia, Huawei pun kini telah menjadi perusahaan smartphone papan atas di pasar dunia. Produsen asal Tiongkok ini hanya ‘kalah’ dibandingkan Samsung atau Apple dalam jumlah total produksi smartphone di seluruh dunia.

Meski demikian, Huawei sangat yakin jika dalam waktu yang tidak lama lagi, baik Apple dan Samsung harus ‘memberi jalan’ bagi Huawei sebagai produsen smartphone nomor satu di dunia. Optimisme besar ini disampaikan Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business Group saat diwawancarai oleh media The Wall Street Journal belum lama ini.

Richard Yu (Yu Chengdong) yang sudah bergabung dengan Huawei sejak 1993 ini mengatakan dengan tegas bahwa target menjadi nomnor satu dan bukan nomor dua atau tiga ini memang sudah dicanangkan sejak mereka masuk ke bisnis smartphone.

Menyinggung mengenai kapan target menjadi produsen smartphone teratas itu bisa terwujud, master (magister) dari Tsinghua University ini memberi tenggat hingga empat atau lima tahun mendatang. Berdasarkan roadmap tersebut, Yu berharap Huawei akan menguasai pangsa pasar smartphope dunia di atas 20 atau 25 persen.

Salah satu alasan Yu optimis targetnya bisa terwujud adalah faktor pertumbuhan pasar smartphone Huawei di negaranay (Cina) dan di negara-negara Eropa yang cepat. Menyinggung pasar besar di negara lainnya, AS, yang belum didominasi Huawei, Yu mengatakan bahwa meski kompetisinya bakal lebih sulit, mereka yakin bisa mengungguli Apple dan Samsung karena unggul dalam hal inovasi.

Huawei di mata Yu boleh saja lebih inovatif. Namun, faktanya teknologi yang dianggap inovatif oleh banyak pihak, seperti 3D Touch (Apple) dan layar lengkung (Samsung) justru buka berasal dari Huawei. Di masa mendatang, Huawei masih perlu membuktikan kepada konsumen, inovasi orisinil apa saja yang bisa mereka hadirkan di dunia smartphone, selain kerjasamanya dengan Leica untuk meningkatkan kualitas kamera smartphone.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS