June 9, 2016

Baterai Besar ASUS Zenfone Max akan Semakin Awet Berkat Hadirnya Update Android 6.0 Marshmallow

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Baterai Besar ASUS Zenfone Max akan Semakin Awet Berkat Hadirnya Update Android 6.0 Marshmallow  

MOBITEKNO – Distribusi berbagai versi mobile OS Android biasanya dilaporkan Google melalui Android Distribution Report secara rutin setiap bulan. Berdasarkan laporan terakhirnya (6 Juni 2016), persentasi distribusi Android 6.0 Marsmallow akhirnya menembus dua digit, yakni di atas 10 persen (baca juga: ‘Google: Terus Meningkat, Namun Adopsi Android 6.0 Marsmallow Masih Kecil’).

Peningkatan persentase adopsi Android 6.0 Marsmallow akan terus berlanjut dengan semakin banyaknya produsen yang mengadopsi mobile OS tersebut untuk lini smartphone-nya. Salah satunya adalah Asus yang baru mengumumkan kehadiran update firmware terbaru untuk Zenfone Max ZC550KL yang juga menyertakan Android OS 6.0.1 Marshmallow terbaru.

Dengan firmware terbaru ini (versi 13.8.26.31) pengguna Zenfone Max ZC550KL sudah dapat melakukan upgrade Android OS-nya terdahulu (Android 5.0.2) menjadi Android 6.0.1. Kontribusi Asus dalam mempercepat adopsi Marshmallow akan siginifikan mengingat Zenfone Max ZC550KL tergolong smartphone mainstream dengan harga Rp 2,5 jutaan.

Salah satu fitur baru yang diusung Android OS 6.0.1 Marshmallow, terutama dalam manajemen daya baterai adalah Doze mode. Pada mode ini, sistem Android mencoba untuk lebih menghemat konsumsi baterai dengan membatasi akses beberapa aplikasi yang ‘rakus daya’ ke jaringan dan CPU. Doze mode juga mencegah dan menunda aplikasi tertentu dalam mengakses jaringan jika diinginkan pengguna.

Selain update sistem operasi, firmware terbaru juga melakukan beberapa perubahan yang berfokus pada peningkatan efisiensi. Beberapa di antaranya adalah dicabutnay aplikasi ASUS Email, ASUS Calendar, dan ASUS Messaging. Sebagai pengganti aplikasi tersebut, pengguna bisa memakai aplikasi bawaan Google, seperti Gmail, Google Calendar, dan Google Messenger.

“Update sistem operasi ini menjadi bukti upaya ASUS untuk tersu meningkatkan kualitas user experience produk yang dipasarkan. Pengguna tidak perlu khawatir karena perangkat ASUS akan terus dikembangkan meskipun sudah berada di tangan pengguna,” sambut Juliana Cen, Country Product Group Leader, ASUS Indonesia.

Juliana juga mengingatkan pengguna sebelum melakukan upgrade ke Marshmallow bahwa Google tidak lagi menyediakan fitur App2SD pada sistem operasi Android 6 Marshmallow. Itu artinya, aplikasi yang di0install ke MicroSD tidak lagi didukung setelah proses upgrade. Sebelum upgrade, Asus merekomendasikan umtuk memindahkan lokasi semua aplikasi yang di-install tersebut ke internal storage.

ASUS Zenfone Max ZC550KL hadir di pasar Tanah Air sejak awal kuartal kedua 2016 dengan harga menarik (Rp 2,599 juta), baterai berkapasitas besar (5.000mAh), dan layar 5,5 inci yang sudah diproteksi teknologi Gorilla Glass 4.

Smartphone dengan dapur pacu Snapdragon 410 quad-core (CPU 4x ARM Cortex A53 1,2 GHz, GPU Adreno 306 400MHz), RAM 2 GB , internal storage 16 GB (5GB ASUS Webstorage gratis) ini mendukung external storagae (via MicroSD up to 128 GB).

Menariknya, baterainya yang sebesar 5.000 mAh ini juga bisa difungsikan sebagai powerbank untuk mengisi baterai smartphone ataupun gadget lainnya, cukup dengan menyambungkan kedua perangkat lewat konektor micro USB yang disediakan.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS