June 7, 2016

Headset VR Terjangkau ini Tidak Butuh Smartphone atau PC

Penulis: Abdillah
Headset VR Terjangkau ini Tidak Butuh Smartphone atau PC  

MOBITEKNO – Saat ini, perangkat virtual reality (VR) sedang booming. Beberapa vendor ternama telah merilis dan tidak sedikit yang sedang dalam proses mengembangkan perangkat VR. Meski masih terbatas jumlahnya, setidaknya konsumen sudah memiliki beberapa pilihan headset VR (head-mounted display VR atau HMD VR)

Saat ini, ada headset VR yang terbuat dari karton (misalnya Google cardboard) atau plastik yang harganya terjangkau tapi menawarkan pengalaman (VR experience) yang terbatas. Untuk lebih merasakan sensasi ‘realitas semu’ tersebut, konsumen dapat memilih HTC Vive, Oculus Rift, PlayStation VR, dan beberapa headset VR lainnya yang harga jauh lebih mahal (ratusan Dollar AS).

Meski memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda, hampir semua headset VR, seperti Oculus Rift, Sony PlayStation VR, HTC Vive, Samsung Galaxy VR, Lenovo AntVR, atau Google cardboard punya satu kesamaaan. Semua headset VR tersebut hanya bisa digunakan bersama dengan sebuah PC/notebook, konsol game, atau smartphone.

Kini, ada satu produsen yang punya pendekatan berbeda dalam membuat sebuah headset VR. Perangkat VR bernama Eny EVR01 tersebut juga hadir dengan harga yang terjangkau. Headset yang materialnya didominasi bahan plastik ini dijual dengan harga relatif murah, yaitu hanya US$ 80.

Lalu apa yang membuat headset VR yang terjangkau ini berbeda? Tidak lain karena Eny EVR01 bisa digunakan secara langsung tanpa dihubungkan ke smartphone atau PC. Hal ini dimungkinkan karena headset VR ini memiliki sebuah layar khusus dan sistem operasi Android 5.1 (Lollipop) yang berjalan di dalamnya. Singkatnya, Eny EVR01 bisa dikatakan sebagai headset VR all-in-one.

Dalam hal spesifikasi, Eny EVR01 dilengkapi dengan layar 5 inci (resolusi 1280 x 720 pixel). Tidak hanya itu, di dalamnya juga sudah terbenam komponen yang mirip dengan sebuah smartphone yang tidak dimiliki perangkat VR sejenis. Misalnya saja, penggunaan prosesor quad core Rockchip RK3126 (CPU 4x 1,3 GHz dan GPU Mali 400 MP2). Kinerja prosesornya menjalankan aplikasi VR akan disokong oleh RAM berkapasitas 1 GB.

Untuk penyimpanan internal (internal storage) sudah disediakan ruangan sebesar 8GB (model dengan kapasitas 16GB akan tersedia juga). Menariknya, konsumen juga masih dapat memperbesar memorinya berkat sebuah slot kartu microSD dengan dukungan hingga 32GB. Envy EVR01 dapat terhubung ke perangkat lain melalui koneksi Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi. Hadir dengan dukungan baterai 2.200 mAh yang diklaim menawarkan sekitar tiga setengah jam pemakaian. 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS