October 4, 2016

Dengan Epson Paper Lab, Kantor-Kantor Bisa Daur Ulang Kertas

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dengan Epson Paper Lab, Kantor-Kantor Bisa Daur Ulang Kertas  

MOBITEKNO – Kampanye ‘paperless office’ sudah cukup lama didengungkan sejak datangnya era digital. Faktanya, kertas tidak mudah dihilangkan begitu saja karena keberadaanya masih dibutuhkan di kantor untuk dokumen, berkas, bon, atau kebutuhan lainnya.

Tidak sedikit yang masih berpegang pada prinsip penyimpanan dokumen fisik atau hard copy masih lebih aman dari penyimpanan di dokumen digital. Di lain pihak, tuntutan untuk menekan limbah/sampah kertas juga tidak kalah gencar dikampanyekan.

Berbagai langkah menaekan jumlah limbah kertas sudah dilakukan di kantor-kantor, seperti menggunakan kedua sisi kertas saat mencetak, tidak membuang berkas salah cetak, menggunakannya untuk kertas orat-oret, dan lain sebagainya.

Epson yang memiliki berbagai jenis printer untuk perkantoran atau bisnis juga menawarkan solusinya untuk menekan limbah kertas. Caranya, perusahaan asal Jepang tersebut membuat sebuah mesin daur ulang yang bisa ditempatkan di kantor karena ukurannya tidak lebih besar dari lemari buku atau pakaian.

Mesin yang dinamakan Epson PaperLab ini dirancang untuk dapat mendaur ulang berbagai dokumen kertas (jenis, ukuran, ketebalan) yang biasanya digunakan di perkantoran. Hebatnya lagi, proses pembuatan kertas oleh mesin ini setelah didaur ulang tidak membutuhkan air seperti kebanyakan mesi daur ulang kertas.

""

Mekanisme Epson PaperLab dimulai dari penghancuran dan penguraian (break down) kertas dokumen menjadi serat kertas dengan potongan panjang dan tipis layaknya serat kain. Mesin ini kemudian menambahkan bahan (agen) khusus yang disesuaikan dengan jenis kertas kertas yang ingin dibuat oleh pengguna (kantor).

Jenis kertas hasil daur ulang bisa ditentukan tingkat kekuatannya (strength), warna, ukuran, bahkan aromanya. Mesin daur ulang kertas ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan dokumen rahasia atau sensistif karena dapat langsung menguraikan kertas untuk diolah lebih lanjut.

Menurut Epson, dibutuhkan waktu sekitar satu menit untuk mdapat menghasilkan 14 lembar kertas daur ulang baru ukuran A4. Ini berarti, Epson PaperLab ini bisa memproduksi setidaknya 6.720 lembar kertas daur ulang baru selama 8 jam kerja di kantor.

Mesin PaperLabs akan diluncrukan di pasar pada akhir tahun in di negara asalnya Jepang. Hingga kini Epson masih mempertimbangkan lebih jauh untuk memasarkannya di luar Jepang. Namubn, jadwal pastinya masih belum dapat ditentukan Epson.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS