October 4, 2016

Tiga dari Sepuluh Konsumen di Indonesia Pilih Internet Sebagai Acuan Membeli Kendaraan

Penulis: Desmal Andi
Tiga dari Sepuluh Konsumen di Indonesia Pilih Internet Sebagai Acuan Membeli Kendaraan  

MOBITEKNO – Tidak dapat dipungkiri bahwa internet telah menjadi sumber yang informative bagi banyak orang, termasuk para calon pembeli kendaraan. Hal ini terungkap dari sebuah studi yang dilakukan J.D. Power yang baru dikeluarkan. Menuru studi J.D. Power 2016 Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI), tiga dari sepuluh konsumen kini lebih memilih media internet sebagai sumber informasi untuk memilih kendaraan yang mereka beli.

 Di internet sendiri ada begitu banyak informasi yang bisa dicari oleh konsumen. Selain dari website pembuat kendaraan sendiri, konsumen bisa mendapatkan dari website media otomotif atau portal lainnya. Namun ternyata, informasi dari website pembuat kendaraan kurang begitu diminati dengan hanya 10% konsumen saja yang memanfaatkannya untuk mencari informasi kendaraan.  Sebagian besar konsumen justru memilih informasi dari website otomotif atau portal lainnya. Angkanya mencapai 60% dalam studi tersebut. Dari website tersebut, Harga menjadi informasi yang paling dicari (73%), disusul spesifikasi teknis (44%), dan fitur serta aksesori kendaraan (40%).

“Situs-situs web pembuat kendaraan adalah sumber informasi paling otentik dan dapat dipercaya, namun hanya 10% pembelanja internet yang menggunakannya untuk informasi,” kata Srabani Bandyopadhyay, country manager di J.D. Power. “Para pembuat kendaraan perlu mengidentifikasi celah yang ada di antara konten mereka dan apa yang ditawarkan oleh situs-situs alternative, dan kemudian menyesuaikan konten mereka,” lanjut Srabani.

Indonesia SSI Study 2016 ini merupakan sebuah studi berdasarkan respon dari 2.452 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka di antara September 2015 dan Juni 2016. Studi dilakukan antara bulan Maret hingga Agustus 2016 dan mengukur kepuasan pemilik kendaraan baru dengan pengalaman penjualan dan pengiriman dari dealer-dealer resmi di Indonesia.

Tags: , ,


COMMENTS