July 27, 2015

Volkswagen Satukan Parkir Otomatis dengan Pengisian Baterai

Penulis: Desmal Andi
Volkswagen Satukan Parkir Otomatis dengan Pengisian Baterai  

MOBITEKNO – Parkir memang menjadi salah satu hal yang kurang menyenangkan bagi sebagian pengemudi. Mencari slot parkir seringkali harus berputar 3 sampai 4 kali. Volkswagen mengerti akan masalah ini sehingga mereka menciptakan sebuah sistem parkir otomatis untuk mobil listrik. Menariknya, sistem ini menggabungkan parkir dengan pengisian baterai.

Sistem yang dinamakan V-Charge ini tidak memerlukan pengemudi dalam mencari slot parkir dan stasiun pengisian baterai yang ada di lahan parkir. Dengan bantuan empat kamera dengan lensaa lebar, dua buah kamera 3D, dan 12 sensor ultrasound, sebuah VW e-Golf dapat mendeteksi objek di sekelilingnya dengan akurat.

Melalui teknologi V2V Communication, kendaraan dapat menerima signal dari infrastruktur parkir dan berbagai objek lainnya. Sistem ini sengaa tidak menggunakan fungsi GPS karena akan menjadi masalah jika infrastruktur parkir ada di basement. Volkswagen menyatakan, sensor dan kamera yang ada di badan mobil dapat membuat parkir lebih akurat, bahkan lebih presisi dibandingkan juru parkir valet.

Sistem V-Charge yanga da di e-Golf akan mendereksi lokasi parkir yang dilengkapi dengan stasiun pengisian baterai. Sensor dan kamera akan mendeteksi lokasi parkir tersebut dan memindai berbagai objek di sekelilingnya. Selanjutnya, secara otomatis kendaraan akan parkir dan langsung mengisi ulang listrik dari stasiun pengisian baterai.

Volkswagen mengatakan sistem ini sudah siap digunakan dan berfungsi secara sempurna. Namun, untuk dproduksi secara massal, sistem ini harus didiskusikan dengan banyak pihak. Parkir otomatis dengan bantuan V2V Communication sudah banyak dilakukan oleh para pembuat mobil, seperti BMW, Land Rover, atau Mercedes Benz. Mereka ingin proses parkir tidak menjadi halangan yang berarti bagi semua tipe pengemudi di masa depan.

 

Sumber: motorauthority

Tags: , , ,


COMMENTS