September 24, 2015

Demi Layar Bundar dan Ergonomis, Pebble Time Round Korbankan Daya Tahan Baterai

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Demi Layar Bundar dan Ergonomis, Pebble Time Round Korbankan Daya Tahan Baterai  

MOBITEKNO – Jam tangan pintar atau smartwatch berdesain bundar tidak kalah diminati konsumen dibandingkan smartwatch berdesain persegi panjang atau kotak. Ini terbukti dari respons pasar dimana Motorola Moto 360 menjadi salah satu smartwatch Android Wear yang populer tahun lalu.

Produsen lain akhirnya tidak mau ketinggalan mengikuti desain layar bundar tersebut. Sebut saja mulai dari Huawei Watch, LG Watch Urbane, LG G Watch R, hingga Samsung Gear S2. Kini, satu lagi produsen yang mengikuti tren tersebut yakni Pebble yang sebelumnya populer dengan smartwatch berlayar kotaknya, Pebble Steel, Pebble Time, dan Pebble Time Steel.

Kali ini Pebble merilis smartwatch pertamanya berlayar bundar yang seperti bisa dinama mereka secara simpel, Pebble Time Round. Pebble membantah disebut latah karena merilis smartwatch berlayar bundar seperti kebanyakan produsen smartwatch berbasis Android.

Menurut pengakuan pihak Pebble, seperti dikutip dari ReadWrite.com, mereka telah mengembangkan Pebble Time Round sejak tahun lalu. Tidak seperti smartwatch Pebble generasi pertama dan Pebble Time, Pebble Time Round tidak mengadopsi sistem pembiayaan Kickstarter.

Pebble Time Round memiliki berturut-turut ketebalan dan berat hanya 7.5mm dan 28 gram. Menurut Pebble, smartwatch ini tergolong paling tipis dan ringan saat ini. Pebble Time Round yang tersedia dalam tiga corak warna (black, abu-abu, dan rose gold) dapat menggunakan tali jam (band) dalam dua ukuran (20 mm atau 14 mm) dan kompatibel dengan platform smart-strap Pebble.

Kompromi besar harus dilakukan agar Pebble Time Round bisa terlihat lebih tipis dan ramping dibandingkan smartwatch umumnya. Smartwatch yang menggunakan sistem operasi (OS) berbasis kernel FreeRTOS ini pun harus dipangkas ukuran baterainya sehingga hanya memiliki daya tahan baterai selama dua hari atau sama dengan smartwatch Android Wear saat ini.

Bandingkan dengan daya tahan baterai smartwatch Pebble sebelumnya (Time, Time Steel) yang mencapai 150 jam atau sekitar satu mingu. Absennya daya tarik terbesar dari smartwatch Pebble demi kompromi layar bundar dan desain ergonomis tidak membuat produsen Pebble pesimis produknya akan kurang diminati fans Pebble sebelumnya.

Menurut mereka, kehadiran fungsi fast charging pada baterainya (dapat bertahan satu hari saat di-charge selama 15 menit) membuat Pebble Time Round tetap fungsional sebaga ja tangan dan tidak mengganggu aktivitas keseharian penggunanya.

Pebble Time Round (tonton juga video klip di bawah) sudah bisa dipesan (preorder) via website-nya Pebble.com dengan harga awal US$ 249 untuk pengiriman bulan November 2015. Khusus untuk tali jam (strap/band) berbahan metal akan dikenai biaya tambahan sebesar US$ 50.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS