November 9, 2015

Setelah Micro Piezzo, Epson Kini Dorong Teknologi PrecisionCore

Penulis: Desmal Andi
Setelah Micro Piezzo, Epson Kini Dorong Teknologi PrecisionCore  

MOBITEKNO – Setelah lebih dari 20 tahun Epson mengandalkan teknologi Micro Piezo untuk headprint pada produk printernya, kini Epson melangkah lebih maju lagi dengan memperkenalkan teknologi yang lebih baru, yaitu PrecisionCore. Teknologi ini merupakan pengembangan lebih jauh dari Micro Piezo, tetapi memiliki tingkat presisi yang tinggi dari setiap nozzle di headprint.

Sama seperti pada Micro Piezo, PrecisionCore juga menggunakan plat pada printhead, tetapi dengan ukuran yang lebih panjang. Jika pada Micro Piezo, plat memiliki panjang  1 inci, di PrecisionCore Epson menggunakan plat berukuran 1,33 inci. Dengan plat yang lebih panjang ini dipadukan dengan metode MEMS, yaitu printhead berkinerja tinggi dengan ketahanan yang sangat lama ini, jarak antar-nozzle juga dikurangi. Dengan demikian, jika pada Micro Piezo terdapat 150 nozzle, di PrecisionCore terdapat 300 nozzle.

Dengan jumlah nozzle yang lebih banyak, proses pencetakan akan lebih presisi dan dapat bekerja dengan lebih cepat.

"Basis dari PrecisionCore tetap teknologi piezo, tetapi dikembangkan menjadi lebih lebar dan panjang sehingga bisa menampung jumlah nozzle yang lebih banyak,” ujar Andryanto Candra Wijaya, Business ProductDepartment head PT Epson Indonesia pada Sabtu (7/11/2015) di Nusa Dua, Bali. “Digabungkan dengan teknologi MEMS, membuat semprotan dari tinta menjadi lebih baik,” tambah Andryanto.

Teknologi PrecisionCore diyaini dapat menghasilkan kualitas dan ketahanan terbaik di berbagai bidang media sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan indstri dan perkantoran.

Salah satu printer keluaran baru yang sudah meggunakan teknolgi PrecisionCore adalah Epson L-655. Printer L-Series ini mampu mencapai kecepatan ISO cetak yag tinggi hingga 13,7 ipm (hitam) dan 7,3 ipm (warna). Dengan performa yang dimiliki L-655, biaya cetak menjadi sangat rendah. Printer ini juga menggunakan koneksi jaringan yang luas, seperti Ethernet, Wi-Fi, dan Wi-Fi Direct.

Selain L-655, Epson ColourWorks C7510G juga sudah menggunakan teknologi PrecisionCore. Printer label ini memiliki kecepatan mencetak yang sangat tinggi dengan resolusi 600 dpi sehingga dapat mencetak dengan kecepatan 300 mm/detik.

Tags: , , , ,


COMMENTS