November 10, 2015

15 Tahun Epson Indonesia, Dari Indonesia untuk Dunia

Penulis: Desmal Andi
15 Tahun Epson Indonesia, Dari Indonesia untuk Dunia  

MOBITEKNO – PT Epson Indonesia yang lahir tanggal 1 Oktober 2000, dalam perjalanannya hingga tahun 2015 selalu memiliki tingkat pertumbuhan 15-20 persen setiap tahunnya. Bahkan, omzet-nya sudah mencapai 100 hingga 200 triliun rupiah sejak tahun 2012 lalu.

Dalam perjalanannya, PT Epson Indonesia juga semakin memiliki banyak produk. Tidak hanya printer inkjet yang mereka tawarkan ke konsumen di Indonesia, tetapi juga projector dan Large Format Printer.

Jika dibandingkan dengan tahun 2001, pertumbuhan printer inkjet telah berlipat hingga 22 kali di tahun 2015 sehingga dapat memberikan kontribusi untuk bisnis Epson Indonesia sebesar 53 persen. Sementara untuk Large Format Printer tumbuh hingga 84 kali, dan projector mencapai 91 kali dari tahun 2001. Bahkan, untuk tipe Dot Matrix, walaupun hanya tumbuh 1,9 kali dibandingkan tahun 2001, tetapi tahun 2015 ini hampir menguasai seluruh market share (96%) di tahun 2015 ini.

Hal yang menarik dari keberadaan PT Epson Indonesia selama 15 tahun adalah kelahiran L-Series. Bermula dari L100 dan L200 yang didesain berdasarkan kebutuhan masyarakat Indonesia, kini menjadi printer yang cukup populer di beberapa negara dunia. Bahkan PT Epson Indonesia mengubah pesannya pada L-Series dari hanya “Untuk Indonesia”, kini menjadi “Dari Indonesia untuk Dunia”.

“Ke depannya, ada dua arahan di sisi produk yang akan dilakukan PT Epson Indonesia, yaitu konsumer dan bisnis,” ujar M. Husni Nurdin, Senior General Manager PT Epson Indonesia kepada media yang hadir di perayaan 15 tahun PT Epson Indonesia pada Sabtu (7/11/2015). “Di sisi konsumer, Epson Indonesia akan terus memperluas coverage-nya dan akan mengembangkan di kota-kota lain di Indonesia. Sementara untuk bisnis, Epson akan melakukan pengembangan sesuai dengan segmentasi perushaan,” tambah Husni.

Secara global, Epson tidak hanya memproduksi printer, tetapi sudah merambah ke produksi robot untuk industri manufaktur. Bahkan, robot yang dikembangkan ini dengan spesifikasi 4 axis dan 6 axis. Selain itu, Epson juga akan meningkatkan layanan purna jual kepada produk-produknya melalui layanan Carry-in, On-Site, dan Extended Warranty.

Tags: , , , ,


COMMENTS