November 2, 2015

Microsoft akan Gunakan Chip Snapdragon 820 pada Flagship Lumia Tahun Depan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Microsoft akan Gunakan Chip Snapdragon 820 pada Flagship Lumia Tahun Depan  

MOBITEKNO – Meskipun dua smartphone flagship Microsoft, yaitu Lumia 950 dan 950 baru saja diumumkan, kabar tentang smartphone flagship berikutnya yang sedang digarap mereka mulai santer terdengar.

Menurut berita dari NokiaPowerUser, Microsoft yang sedang giat-giatnya mendorong platform Windows 10 di segala jenis device ini, telah menyiapkan smartphone flagship berikutnya untuk dirilis tahun depan.

Menurut sumber yang bisa dipercaya, Microsoft bahkan telah melakukan serangkaian pengujian pada dua produknya yang akan menggunakan chip atau prosesor terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 820.

Prosesor Qualcomm yang dibuat dengan teknologi proses 14 nm ini mengusung custom core CPU 64 bit Kryo dan core GPU Adreno 530. Menurut Qualcomm, GPU-nya akan lebih cepat 40 persen dibandingkan GPU Adreno 430 pada Snapdragon 810.

Seperti halnya smartphone Lumia 950 XL, Microsoft pun tidak akan berkompromi pada masalah panas dari chip dengan menerapkan teknologi pendinginan terbaru (liquid cooling system) pada smartphone yang sedang digodok tersebut.

Selain menggunakan prosesor Snapdragon 820, Microsoft juga dikabarkan sedang melakukan kerjasama dengan Intel untuk mengembangkan smartphone seri baru lainnya, yaitu Surface phone.

Smartphone Surface ini akan lebih ditargetkan untuk pengguna di kalangan bisnis yang kompatibel dengan aplikasi Windows dan fitur advanced “Continuum”. Belum dipastikan, apakah smartphone seri Surface ini akan hadir dalam spesifikasi flagship saja atau hadir juga dengan spesifikasi yang lebih rendah seperti halnya seri Lumia.

Kabar Microsoft yang sedang mengembangkan dua seri smartphone (Lumia dan Surface) tersebut sedikit menepis dugaan banyak pihak bahwa Microsoft akan meninggalkan bisnis smartphone karena penjualan produk smartphone Windows-nya yang relatif kecil.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS