May 27, 2024

Luncurkan Solusi Cloud AI Deka GPU yang Diperkuat Nvidia H100, Lintasarta Dukung Tranformasi Digital di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Luncurkan Solusi Cloud AI Deka GPU yang Diperkuat Nvidia H100, Lintasarta Dukung Tranformasi Digital di Indonesia  

Mobitekno – Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions terkemuka di Indonesia, bersiap memperkenalkan layanan terbaru mereka, Deka GPU, yaitu AI Cloud yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan teknologi canggih dalam bidang machine learning, rendering, dan aplikasi CAD dengan spesifikasi yang superior dan efisiensi biaya yang optimal.

Bayu Hanantasena, President Director and Chief Executive Officer Lintasarta menyatakan bahwa dengan kehadiran layanan Deka GPU, Lintasarta ingin berkomitmen untuk memberikan solusi teknologi terbaik yang dapat diandalkan oleh berbagai industri di Indonesia.

Lintasarta DekaGPU Nvidia H100 01
Lintasarta memperkenalkan layanan terbaru mereka, Deka GPU, yaitu AI Cloud yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan teknologi canggih dalam bidang machine learning, rendering, dan aplikasi CAD dengan spesifikasi yang superior dan efisiensi biaya yang optimal.

“Layanan ini tidak hanya menawarkan performa tinggi, tetapi juga fleksibilitas dan efisiensi biaya yang signifikan. Harapannya, lebih banyak perusahaan yang melakukan transformasi digital dengan lebih cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal,” tambah Bayu.

Komputasi AI makin cepat berkat 8x GPU Nvidia H100 terbaru

Deka GPU yang didukung oleh Nvidia ini menghadirkan server GPU tipe terbaru dengan konfigurasi 8x Nvidia H100. menawarkan daya hingga 10 KVA dan berat hingga 100 KG, memberikan performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan GPU tipe lama seperti Nvidia A100 dan T4 yang sudah tidak lagi dijual.

Sebagai informasi, Nvidia H100 adalah GPU (Graphics Processing Unit) dengan tensor core diluncurkan NVIDIA pada tahun 2022 lalu. Nvidia H100 dirancang khusus untuk mempercepat tugas-tugas komputasi seperti AI (Artificial Intelligence), mesin pembelajaran (machine learning), dan deep learning.

Lintasarta DekaGPU Nvidia H100

Dengan Nvidia HGX H100 SXM5 yang memiliki RAM 80GB, kecepatan dalam aplikasi machine learning meningkat hingga 3-4 kali lipat dibandingkan Nvidia L40S. H100 juga dilengkapi dengan fitur MIG (Multi Instance GPU) yang memungkinkan partisi hingga 7 instance dalam satu container.

Nvidia L40S dengan RAM 48GB memiliki spesifikasi yang sangat ideal untuk rendering, 3D modeling, dan aplikasi CAD seperti AutoCAD. L40S mendukung fitur vGPU yang memungkinkan partisi RAM GPU hingga 10 kombinasi, serta memaksimalkan efisiensi penggunaan sumber daya.

Untuk memastikan kinerja optimal, Deka GPU juga didukung oleh jaringan on-premise dengan kecepatan minimal 100 Gbps, serta InfiniBand hingga 400 Gbps jika terdapat lebih dari satu server GPU. Lintasarta juga mendukung Jupyter Notebook, yang mana dapat memudahkan pengguna dalam melakukan coding dan pengembangan machine learning secara kolaboratif.

Jupyter Notebook adalah sebuah aplikasi web interaktif yang digunakan untuk membuat dan berbagi dokumen komputasi. Dokumen komputasi ini bisa berisi kode, teks, persamaan, visualisasi, dan lainnya, semuanya terintegrasi dalam satu kesatuan. Jupyter Notebook banyak digunakan di bidang data science, analitik data, pengembangan perangkat lunak, menyajikan hasil analisis data, hingga mencatat serta mendokumentasikan proses.

Layanan Deka GPU telah patuhi regulasi data di Indonesia

Menurut Lintasarta, layanan Deka GPU dipastikan telah mengikuti kepatuhan terhadap regulasi data di Indonesia, khususnya di sektor perbankan dan energi, dengan menjaga data agar tetap berada di dalam negeri.

Lintasarta juga menawarkan model pembayaran bulanan dengan sistem pay per use dan tidak ada biaya OTC, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya investasi awal yang besar, serta membuat layanan ini lebih terjangkau dan fleksibel.

Sebagai National Cloud Partner (NCP) Nvidia di Indonesia, Lintasarta menjamin alokasi GPU yang cepat dan mudah dibandingkan dengan solusi on-premise. Ini memungkinkan pelanggan mendapatkan performa optimal dengan waktu tunggu minimal.

Lintasarta 02

Deka GPU menyediakan berbagai produk seperti Virtual Desktop Infrastructure, Kubernetes, Kubeflow & Jupyter Notebook, KubeApps untuk marketplace, Rendering Farm, Inference as a Service, dan Virtual Machine. Menggunakan AI Cloud GPU dengan konfigurasi maksimal dapat menghemat biaya operasional dibandingkan dengan penggunaan on-premise, terutama dalam hal power dan cooling.

Deka GPU dari Lintasarta merupakan jenis layanan GPUaaS (GPU as a Service) yang disediakan bagi pengguna untuk mengakses dan menggunakan GPU berkinerja tinggi secara on-demand tanpa perlu membeli dan memelihara hardware sendiri.

GPUaaS seperti DekaGPU dari Lintasarta menawarkan beberapa keunggulan seperti skalabilitas karena pengguna dapat menskalakan kapasitas GPU mereka sesuai kebutuhan (membayar sesuai yang digunakan), fleksibilitas , kecepatandan keaman.

Deka GPU cocok untuk berbagai aplikasi, termasuk AI, machine learning, rendering, dan simulasi. Layanan ini dapat digunakan oleh perusahaan dari berbagai skala, termasuk startup, perusahaan menengah, dan perusahaan besar.

Pelaku startup misalnya dapat menggunakan Deka GPU untuk mengembangkan dan melatih model AI baru dan perusahaan skala menengah untuk mempercepat aplikasi rendering dan simulasi. Adapun perusahaan bersakal besar dapat menggunakan Deka GPU untuk menjalankan aplikasi AI dan machine learning yang kompleks.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS