June 24, 2024

Jadi Pelanggan Pertama, BNI Terapkan Solusi AI Inference Cloudera dengan Dukungan NVIDIA NIM

Penulis: Rizki R
Jadi Pelanggan Pertama, BNI Terapkan Solusi AI Inference Cloudera dengan Dukungan NVIDIA NIM  

Mobitekno – Bank Negara Indonesia (BNI), salah satu bank terkemuka di Indonesia, telah menjalin kemitraan strategis dengan Cloudera, melalui penerapan AI Inference. Kemitraan ini bertujuan untuk mendukung visi BNI menjadi bank global yang memimpin di sektor layanan keuangan dengan memanfaatkan kekuatan AI generatif (GenAI).

Dalam empat tahun terakhir, BNI terus melakukan transformasi digital untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman nasabah. Kini, melalui kolaborasi dengan Cloudera, BNI akan memanfaatkan teknologi NVIDIA sebagai engine GenAI mereka. Fokus utama dalam jangka pendek adalah meningkatkan produktivitas kantor regional dan komersial, serta memperkuat mekanisme kredit dan platform transaksi perbankan dengan layanan personalisasi yang lebih baik.

Kolaborasi BNI-Cloudera: Implementasi Layanan AI Inference

Kecerdasan buatan Cloudera
Generative AI

BNI menjadi salah satu pelanggan global pertama yang menggunakan layanan AI Inference dari Cloudera, didukung oleh NVIDIA NIM – bagian dari platform software NVIDIA AI Enterprise. Layanan ini menyederhanakan penerapan dan manajemen model AI dalam skala besar, dengan performa tinggi dan efisiensi yang tetap menjaga standar privasi dan keamanan.

Penerapan layanan ini dilakukan di private cloud virtual BNI untuk menyediakan lingkungan layanan selevel production-grade, yang mendukung AI prediktif, GenAI, dan large language models dengan lapisan perlindungan dan kendali tambahan.

Kemitraan ini memanfaatkan infrastruktur Cloudera yang sudah ada di BNI, memungkinkan percepatan operasional GenAI dan mendukung transformasi digital bank. Solusi terbaru ini akan memberikan co-pilot berbasis pengetahuan untuk karyawan BNI serta layanan nasabah yang sangat personal. Dengan infrastruktur yang dibutuhkan dan proses pemeliharaan yang baik, tim data sains BNI kini dapat menerapkan model AI dengan cepat, aman, dan hemat biaya, serta tetap memiliki kendali penuh atas data mereka.

layanan AI Inference

Billie Setiawan, Senior Vice President BNI, menyatakan, “Kolaborasi yang kuat antara BNI, Cloudera, dan NVIDIA akan memungkinkan BNI terus berinovasi dan memperkuat keberadaan kami di pasar, menawarkan nilai lebih bagi nasabah dan pemangku kepentingan.”

Layanan AI Inference dari Cloudera menawarkan kinerja inference terbaik di pasar untuk model proprietary dan open source yang dioptimalkan. Beberapa fitur utama antara lain interface yang mudah digunakan, prediksi latensi rendah real-time, AI model inference 36x lebih cepat di NVIDIA GPU, dan pola penggunaan yang lebih canggih. Perilisan layanan ini dijadwalkan pada bulan Agustus.

Sherlie Karnidta, Country Manager Indonesia Cloudera, mengatakan, “Platform data Cloudera yang terdepan di industri memberikan BNI skalabilitas, keamanan, dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk membuka potensi transformatif dari GenAI. Kolaborasi ini adalah bukti komitmen Cloudera untuk membantu perusahaan Indonesia seperti BNI mencapai target transformasi digital mereka,”

Malcolm deMayo, Global Vice President of Financial Services NVIDIA, menambahkan, “Layanan AI Inference dari Cloudera, dikombinasikan dengan NVIDIA NIM, memberikan performa dan keamanan yang dibutuhkan BNI untuk mencapai tujuan perbankan berbasis AI yang inovatif,”

Cloudera

Baru-baru ini, perwakilan BNI mengunjungi Executive Briefing Centers Cloudera dan NVIDIA di Santa Clara, California, untuk bertemu dengan pemimpin Cloudera dan NVIDIA. Pertemuan tersebut membahas strategi dan rencana untuk memetakan perjalanan GenAI di BNI, termasuk pilot project layanan AI Inference terbaru dari Cloudera yang saat ini berada di fase pratinjau teknologi.

Kemitraan antara BNI dan Cloudera menunjukkan komitmen BNI untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi AI generatif dalam transformasi digital mereka. Dengan dukungan Cloudera dan NVIDIA, BNI siap untuk mengembangkan layanan perbankan yang lebih personal, efisien, dan aman, membawa pengalaman nasabah ke level yang lebih tinggi.

Tags: , , , ,


COMMENTS