October 22, 2024

Kolaborasi Mastercard dan Indosat Hadirkan Teknologi Masa Depan untuk Mobilitas Perkotaan

Penulis: Desmal Andi
Kolaborasi Mastercard dan Indosat Hadirkan Teknologi Masa Depan untuk Mobilitas Perkotaan 

Mobitekno – Mastercard dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkolaborasi dalam menghadirkan teknologi canggih di sektor transportasi dan pembayaran. Hal ini dilakukan keduanya karena di era teknologi yang berkembang dengan pesat, pelaku bisnis dituntut untuk beradaptasi dan berinovasi agar tetap bersaing. Untuk itu,  kedua perusahaan ini mengembangkan prototipe yang menggabungkan solusi pembayaran kendaraan dari Mastercard dengan sistem manajemen armada berbasis kecerdasan buatan (AI) milik Indosat, yaitu NEXTFleet. Kerja sama ini memperlihatkan potensi besar dari integrasi mobilitas dan transaksi yang dapat merombak sistem transportasi perkotaan di Indonesia.

Inisiatif ini memanfaatkan pengalaman global Mastercard dalam solusi mobilitas perkotaan dan kekuatan platform NEXTFleet dari Indosat. Mastercard sendiri telah memproses transaksi mobilitas perkotaan senilai US$59,4 miliar secara global pada 2022, dan terus memenuhi kebutuhan transportasi di seluruh dunia. Lewat prototipe ini, Mkedua perusahaan akan mengeksplorasi berbagai cara untuk meningkatkan pengalaman pengemudi serta meningkatkan efisiensi operasional bagi pengelola armada, sekaligus memberikan inovasi baru bagi produsen otomotif untuk meningkatkan nilai produk mereka.

Solusi pembayaran kendaraan ini juga memungkinkan pengemudi melakukan transaksi secara aman dan praktis untuk berbagai keperluan seperti mengisi bahan bakar, membayar tol, mengisi baterai kendaraan listrik, atau memesan makanan di layanan drive-through tanpa harus meninggalkan mobil. Teknologi tokenisasi dan biometrik Mastercard memungkinkan pengemudi menyimpan data pembayaran dengan aman di dalam sistem infotainment kendaraan, serta mengautentikasi pembayaran menggunakan sidik jari. Platform NEXTFleet dari Indosat mendukung pengelolaan armada secara real-time, yang membantu perusahaan mengoptimalkan biaya operasional dan meningkatkan efisiensi.

Dengan integrasi solusi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada berbasis AI, potensi inovasi ini tidak terbatas pada penggunaan pribadi, tetapi juga untuk meningkatkan mobilitas yang terhubung di masa depan, terutama seiring meningkatnya arus urbanisasi di Indonesia. Peningkatan transaksi digital di Indonesia yang diproyeksikan tumbuh 25,77% pada 2024, bersamaan dengan jumlah kendaraan yang mencapai lebih dari 157 juta pada 2023, menunjukkan peluang besar bagi inovasi di sektor mobilitas.

Mastercard
Vikram Sinha

Vikram Sinha, CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan bahwa perusahaan berkomitmen memanfaatkan AI untuk merevolusi mobilitas perkotaan di Indonesia. Kolaborasi ini tentunya dapat memperkuat ambisi Indosat untuk menjadi pemimpin dalam solusi teknologi berbasis AI. Sementara itu, Aileen Goh, Country Manager PT Mastercard Indonesia, menegaskan bahwa kolaborasi ini adalah bagian dari upaya global Mastercard untuk mendorong inovasi dalam pembayaran digital dan mobilitas perkotaan yang lebih efisien.

Mastercard
Kolaborasi Mastercard dan Indosat Ooredoo Hutchison

Solusi terintegrasi dari Mastercard dan Indosat Ooredoo Hutchison

Kolaborasi Mastercard dan Indosat juga menggambarkan komitmen kedua perusahaan untuk menciptakan solusi yang lebih terintegrasi bagi pengguna transportasi. Seperti halnya di Jerman, di mana Mastercard bekerja sama dengan Mercedes-Benz untuk memperkenalkan sistem pembayaran di dalam kendaraan, kemitraan ini bertujuan untuk mengubah cara orang bepergian dan bertransaksi di masa depan, dengan mobilitas perkotaan yang lebih efisien dan terhubung.

Kolaborasi ini menunjukkan bagaimana inovasi dapat mendobrak batasan industri, sekaligus mempercepat adopsi teknologi baru di sektor mobilitas. Kedua perusahaan berkomitmen untuk terus mendukung transformasi di bidang transportasi perkotaan di Indonesia, serta meningkatkan pengalaman pengguna melalui solusi inovatif.

Tags: , ,


COMMENTS