February 22, 2024

Kontribusi Total Penjualan Hampir 70 Persen, Honda Brio dan Honda HR-V Jadi Andalan HPM di Bulan Januari 2024

Penulis: Iwan RS
Kontribusi Total Penjualan Hampir 70 Persen, Honda Brio dan Honda HR-V Jadi Andalan HPM di Bulan Januari 2024  

Mobitekno – Honda Brio dan Honda HR-V menyumbangkan penjualan tertinggi untuk Honda pada bulan Januari 2024. Kedua model tersebut berkontribusi sebesar 68% dari total penjualan Honda yang tercatat sebanyak 10.019 unit.

Honda Brio terjual sebanyak 5.186 unit sementara itu Honda HR-V terjual sebanyak 1.624 unit. Model andalan Honda lainnya seperti Honda WR-V mencatatkan penjualan sebesar 1.460 unit, Honda BR-V mencatatkan penjualan sebesar 1.131 unit, All New Honda CR-V sebanyak 351 unit.

HR V 02

Kemudian Honda City Hatchback RS sebanyak 131 unit, All New Honda Civic RS sebanyak 57 unit, Honda Accord sebanyak 31 unit, Honda Mobilio sebanyak 30 unit dan New Honda City sebanyak 18 unit.

Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM (PT Honda Prospect Motor) mengatakan bahwa di awal tahun ini, kami terus memonitor perkembangan kondisi pasar untuk menyusun strategi agar dapat memenuhi permintaan konsumen terhadap model-model yang kami jual.

“Dengan adanya penyegaran model yang kami lakukan serta pergelaran motorshow yang menawarkan berbagai program penjualan yang menarik, kami berharap dapat kembali menyegarkan pasar di awal tahun ini,” tambah Yusak.

Promo Honda Brio dan lainnya di IIMS 2024

Honda hadir di Indonesia International Motor Show 2024 bertempat di Hall D JIExpo Kemayoran mulai tanggal 15 – 25 Februari 2024. Pabrikan Honda yang diwakili HPM membawa 15 produk andalan di lantai pameran, satu di antaranya New Honda Brio E CVT berwarna merah (Rallye Red). Mobil ini terakhir mendapatkan pembaruan pada Mei 2023.

Dalam ajang pameran ini Honda menawarkan berbagai program penjualan dan purna jual yang menarik sehingga memudahkan untuk memiliki mobil Honda sekaligus memberikan nilai lebih bagi konsumen.

Program penjualan unggulan Honda di IIMS 2024 mulai dari DP Ringan Mulai dari 10%, Bunga 0%, Cicilan Ringan Mulai dari Rp 2 Juta, Tenor hingga 7 Tahun, Program Trade In, Free Voucher Service dan Parts, Grand Prize Trip ke Thailand dan puluhan Smartphone serta Lucky Dip dengan total hingga ratusan juta Rupiah.

Brio 01

Pada pameran IIMS 2024, Honda meluncurkan New Honda BR-V N7X Edition yang merupakan varian terbaru dari Honda BR-V. Varian ini menawarkan desain yang lebih stylish serta tetap mempertahankan berbagai keunggulan dari Honda BR-V.

Honda juga menghadirkan aktivitas menarik untuk para konsumennya bertajuk Share Your Style Redefined Experience dimana konsumen diajak untuk membagikan pengalaman berkendara bersama salah satu model Honda mulai dari All New Honda BR-V*, Honda WR-V, Honda HR-V atau Honda City Hatchback RS. Pengalaman tersebut kemudian dibagikan melalui Instagram Reels pengguna dimana para pemenang harian, mingguan dan bulanan akan berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik senilai jutaan rupiah

Penjualan mobil nasional Januari 2024 mengalami penurunan

Apabila dibandingkan dengan bulan Desember 2023, Honda mengalami penurunan penjualan di bulan Januari 2024. Pasalanya, pada bulan Desember 2023, Honda berhasil menjual 12.815 unit mobil. Sedangkan di bulan Januari 2024, penjualannya turun menjadi 10.019 unit. Penurunan terjadi pada hampir semua model Honda, termasuk Honda Brio yang biasanya menjadi kontributor terbesar penjualan Honda.

Namun, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (Januari 2023), penjualan Honda di bulan Januari 2024 justru lebih melegakan karena mengalami peningkatan. Pada Januari 2023, Honda hanya berhasil menjual 9.315 unit mobil.

HR V 01

Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), penjualan mobil di Indonesia pada Januari 2024 diketahui mengalami penurunan yang cukup signifikan. Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebabnya, seperti kredit kendaraan yang diperketat, pertumbuhan ekonomi yang melambat, dan NPL yang meningkat.

Sebagai informasi, NPL atau Non-performing Loan menunjukkan kondisi ketika nasabah tidak dapat melunasi utangnya kepada bank dalam jangka waktu yang telah ditentukan. NPL adalah salah satu indikator kesehatan aset dan kinerja bank. Semakin tinggi nilai NPL, maka semakin banyak kredit bermasalah yang dimiliki bank.

Berdasarkan sumber diketahui penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) pada Januari 2024 hanya mencapai 69.619 unit. Angka ini menunjukkan adanya penurunan 18,4 persen dibanding Desember 2023 dan turun 26,1 persen dibanding Januari 2023.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS