Mobitekno – Blender Foundation telah merilis Blender 4.3, versi terbaru aplikasi 3D open source yang populer digunakan untuk Visual effects (VFX), animasi, pengembangan game, dan visualisasi.
Sebagai aplikasi populer di berbagai kalangan pengguna, baik seniman digital, animator, hingga desainer profesional, Blender juga tersedia secara gratis karena membebaskan penggunanya dari biaya berlangganan seperti software 3D komersial umumnya.
Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat lengkap, mulai dari modeling 3D, texturing, rigging dan animasi, hingga simulasi fisika dan video editing. Performanya yang realtif stabil di berbagai sistem operasi dan optimalisasi hardware yang baik juga menjadi nilai tambah bagi Blender.
Yang juga menarik adalah dukungan komunitas Blender yang besar dan aktif sehingga dapat menyediakan beragam tutorial, forum diskusi terkait banyak aspek, dan berbagai add-ons dan asset gratis.
Di samping itu, interface atau antarmukanya yang fleksibel atau dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna dan terstimoni dari kalangan profesional dan studio animasi semakin mengukuhkan posisinya sebagai aplikasi 3D populer untuk ‘sejuta umat’. Mulai dari pengguna pemula hingga profesional dalam industri 3D.
Meskipun gratis, pengembangan Blender secara konsisten terus dilakukan agar tetap mengikuti perkembangan standar industri softaware dan hardware yang berkembang. Tidak mengherankan jika Blender memiliki kemampuan rendering yang tidak kalah dibandingkan aplikasi komersial/berbayar lain di pasaran.
Peningkatan signifikan pada berbagai aspek aplikasi
Blender 4.3 menghadirkan beberapa perubahan yang sangat dinanti yang meningkatkan kemampuan program untuk membuat model 3D yang memukau secara visual, animasi, dan banyak fungsi lain yang telah dikenal Blender. Meskipun daftar pembaruannya sangat banyak, beberapa perubahan yang signifikan diantaranya hadir pada Light linking untuk Eevee (real-time rendering engine Blender), Grease Pencil, editor/kompositor video, dan antarmuka pengguna.
Pengembang Blender telah meningkatkan kemampuan lighting pada engine Eevee secara signifikan dengan memperkenalkan tautan cahaya dan bayangan, yang memberikan kontrol lebih besar atas pemandangan 3D.
Bagi pengguna yang membuat objek logam dengan node Metallic BSDF, Eevee memiliki akses ke mode baru yang disebut “Physical Conductor,” yang menggunakan informasi lab-grade untuk menentukan bagaimana cahaya berinteraksi dengan logam asli guna memberikan rendering objek pengguna yang lebih realistis.
Node Metallic BSDF pada Blender 4.3 menghadirkan fungsi shader yang didedikasikan untuk menciptakan permukaan metalik yang realistis. Dengan kontrol khusus untuk aspek reflektivitas, anisotropi, dan edge tint, node ini memungkinkan ketepatan lebih tinggi dalam pembuatan logam, terutama pada scene yang memerlukan material reflektif yang detail, seperti kendaraan, desain industri, atau lingkungan yang futuristik.
Untuk melengkapi node Metallic BSDF, Blender 4.3 menyertakan fitur F82 Tint yang menyempurnakan cara material reflektif merespons cahaya pada sudut grazing. Dengan menyesuaikan pewarnaan halus dalam pantulan, pengguna/seniman dapat memperoleh hasil yang lebih realistis, yang penting untuk rendering fotorealistik dalam VFX dan animasi high-end.
Namun, fungsi ini belum sepenuhnya didukung oleh Eevee, tetapi mode tersebut menciptakan F82 Tint yang setara. Selain itu, slider baru menggunakan algoritma yang dikenal sebagai “Orn” untuk membuat permukaan menjadi kasar atau halus guna menambahkan kualitas yang lebih realistis pada objek seperti batu bata atau kayu. Untuk memaksimalkan potensi foto-realistis dari proyek 3D, Blender telah memperkenalkan pengomposisian multipass agar pengguna dapat melapisi efek.
Grease pencil Blender juga menerima sejumlah peningkatan baru. Pertama, kuas (brush) baru telah menjadi aset independen yang dapat ditransfer pengguna antar proyek. Pengguna juga dapat mengatur ukuran kuas dalam piksel atau unit dunia nyata.
Perubahan lainnya mencakup tool gradient fill baru untuk membantu membuat gradien yang lebih halus, dan semua operasi Grease pencil dapat berjalan secara multi-thread jika dimungkinkan. Perubahan multi-thread ini pasti akan menawarkan beberapa peningkatan performa yang signifikan.
Pengguna akan menemukan banyak peningkatan pada aspek sequencer dan compositor video. Menghubungkan dan melepaskan strip dibuat lebih mudah, fungsi snapping juga telah ditingkatkan, dan kinerja keseluruhan editor jadi lebih cepat dan mulus. Compositor yang mendapat peningkatan yang sama dengan kemampuan pengomposisian multipass Eevees dan menerima lebih banyak opsi koreksi warna.
Terakhir, antarmuka pengguna Blender telah ditingkatkan agar lebih bersih dan ramah pengguna. Ikon kini menjadi SVG penuh dan dapat diskalakan tanpa batas. Resolusi maksimum telah ditingkatkan sesuai dengan kemampuan memori sistem Anda. Berkat tepi yang baru dan berkilau, Anda dapat menemukan jendela yang aktif dengan lebih mudah. Terakhir, pemilihan warna mendapat peningkatan kinerja.
Blender 4.3 sudah tersedia untuk diunduh gratis dari situs web resmi Blender. Masih ada berbagai pembaruan lainnya pada versi terbaru Blender. Bagi yang tertarik menguliknya lebih dalam dapat melihat videonya di bawah ini.
Tags: 3D, Aplikasi, Blender, Blender 4.3, Blender Foundation, Eevee, enimasi, gratis, open source, rendering, versi baru