January 16, 2024

GetPlus Luncurkan Retail Media Network Berbasis AI, Terobosan Baru Iklan Digital di Indonesia

Penulis: Rizki R
GetPlus Luncurkan Retail Media Network Berbasis AI, Terobosan Baru Iklan Digital di Indonesia  

Mobitekno – GetPlus, perusahaan Loyalty Program yang telah memiliki lebih dari satu juta member, kini membuka babak baru dalam ekspansinya dengan merilis Retail Media Network berbasis kecerdasan buatan (AI) pertama di Indonesia. Langkah ini sejalan dengan misi GetPlus untuk sepenuhnya mengelola strategi loyalitas mitra ritelnya.

Melalui Retail Media Network, mitra ritel dapat mengakses first-party data yang lebih akurat, dipersonalisasi secara real-time, dan terukur melalui platform iklan AI.

Adrian Hoon, Co-Founder & COO/CMO GetPlus Indonesia, menjelaskan bahwa misi GetPlus adalah bekerja dengan mitra ritel untuk sepenuhnya mengelola strategi loyalitas mereka, mengidentifikasi wawasan dan tren pelanggan utama, memaksimalkan ROI pemasaran, dan meningkatkan penjualan.

GetPlus

GetPlus

“Kami memanfaatkan kemampuan digital, data, dan analitik canggih kami, didukung oleh teknologi dari AWL.Inc Jepang,” ungkap Adrian.

Dalam konteks ritel yang dinamis, Retail Media Network diharapkan menjadi solusi yang tidak hanya melebihi periklanan tradisional tetapi juga dapat diukur efektivitasnya. GetPlus bersama AWL memulai penerapan pada jaringan ritel PT Supra Boga Lestari Tbk, khususnya di Ranch Market Grand Indonesia dan Farmers Market Summarecon Mall Kelapa Gading.

“Kami berharap memberikan keuntungan bagi brand dan ritel serta pengalaman berbelanja yang lebih interaktif untuk pelanggan,” tambah Adrian.

GetPlus Gandeng AWL Implementasi Solusi Retail Media Network

Artificial intelligence AWL adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan dan penyediaan solusi berbasis kamera AI untuk industri ritel.

IMG 20240116 120305

AWL menawarkan dua produk utama, yaitu AWLBOX dan AWL Lite. AWLBOX adalah sebuah perangkat AI edge yang dapat mengubah kamera CCTV yang sudah ada menjadi kamera AI yang dapat melakukan analisis video secara real-time. AWLBOX dapat mendeteksi dan mengenali berbagai objek, seperti wajah, tubuh, gender, usia, emosi, gerakan, dan barang-barang di dalam toko.

AWLBOX dapat memberikan informasi yang berguna bagi para pengelola toko, seperti jumlah dan perilaku pelanggan, tingkat kepadatan, tingkat konversi, dan lain sebagainya.

AWL Lite adalah sebuah solusi AI digital signage yang dapat mengubah layar digital yang sudah ada menjadi layar AI yang dapat melakukan analisis penglihatan dan penargetan iklan. AWL Lite dapat mendeteksi dan mengenali karakteristik dan preferensi pelanggan yang melihat layar, seperti gender, usia, emosi, dan minat.

AWL Lite dapat menyesuaikan dan menampilkan konten iklan yang sesuai dengan pelanggan, sehingga meningkatkan awareness dan engagement. AWL Lite juga dapat memberikan informasi yang berguna bagi para pengiklan, seperti jumlah dan profil penonton, tingkat perhatian, tingkat kepuasan, dan lain sebagainya.

AWL memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perusahaan AI lainnya, yaitu:
– AWL memiliki tim yang multinasional dan profesional, yang berasal dari 20 negara dan memiliki latar belakang yang beragam, seperti AI, IT, ritel, pemasaran, dan lain-lain.
– AWL memiliki kemitraan strategis dengan SATUDORA, sebuah jaringan toko obat di Hokkaido, yang memungkinkan AWL untuk melakukan uji coba dan pengembangan produk di toko-toko nyata.
– AWL memiliki pusat penelitian dan pengembangan di Jepang, Vietnam, dan India, yang terdiri dari alumni dari universitas-universitas terkemuka, seperti Hokkaido University, Hanoi University of Science and Technology, dan Indian Institutes of Technology.
– AWL memiliki teknologi AI yang unggul dan terdepan, yang didukung oleh Intel dan Sony, serta memiliki berbagai paten dan sertifikat yang terkait dengan AI dan kamera.

GetPlus

Teknologi AWL sendiri sudah terbukti di berbagai ritel modern di Jepang. Kini diimplementasikan pada Retail Media Network GetPlus. Muneharu Kitade, President Representative Director and CEO (Founder) AWL.Inc, menjelaskan bahwa teknologi kamera Digital Signage dan sistem multi-kamera akan memberikan wawasan mendalam tentang demografi dan perilaku pelanggan secara akurat.

Maria Suwarni, Chief Merchandising & Marketing Officer PT Supra Boga Lestari Tbk, menjelaskan alasan mereka bergabung dengan GetPlus Retail Media Network.

“Kami ingin menerapkan GetPlus Retail Media Network untuk mengoptimalkan hubungan dengan pelanggan kami melalui pendekatan ritel, menyediakan alat baru bagi brand atau pengiklan, dan menciptakan pengalaman belanja yang lebih interaktif,” ungkap Maria.

GetPlus Retail Media Network diharapkan memberikan keuntungan berupa engagement yang meningkatkan konversi bagi brand, pendapatan lebih tinggi dan pengalaman berbelanja yang ditingkatkan bagi ritel, serta iklan yang dipersonalisasi dan relevan bagi pelanggan.

Transformasi ini tidak hanya memberikan manfaat langsung tetapi juga memberikan dukungan yang lebih efektif bagi strategi pemasaran brand. GetPlus berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengoptimalkan Retail Media Network sebagai saluran baru yang dapat memahami konsumen dan mencapai Return on Advertising Spend (ROAS) yang optimal.

Tags: , , , , ,


COMMENTS