May 15, 2024

CDNetworks Targetkan Tambah Infrastruktur 10 PoP di 2024 untuk Dukung Pertumbuhan Ekosistem Digital Indonesia

Penulis: Iwan RS
CDNetworks Targetkan Tambah Infrastruktur 10 PoP di 2024 untuk Dukung Pertumbuhan Ekosistem Digital Indonesia  

Mobitekno – CDNetworks, penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) dan Edge as a Service terkemuka di kawasan Asia Pasifik, terus memperkuat komitmennya di Indonesia dengan melakukan investasi strategis untuk memperluas jangkauan jaringan dan meningkatkan kualitas layanannya. Langkah ini sejalan dengan visinya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jaringan tercepat dan teraman di Asia Tenggara.

Untuk mendukung visi dan memperkuat ekosistem digital Indonesia, penyedia solusi CDN ini mengumumkan rencananya membangun lebih banyak Point of Presence (PoP) di berbagai kota pada seluruh penjuru Nusantara. Beberapa mitra yang digandeng diantaranya dari berbagai penyedia layanan internet (ISP). Targetnya sepanjang tahun ini akan ada penambahan 10 PoP lagi di bebrapa kota Indonesia.

CDNetworks 01

CDNetwork hingga kini telah menghadirkan 20 jaringan PoP yang tersebar di enam kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bekasi, Medan, Papua dan Yogyakarta. Apabilia dilihat sebaran kotanya, terlihat jaringan CDNetworks belum

Tambahan PoP baru milik CDNetworks akan memperluas jaringan global milik mereka yang saat ini sudah mencapai lebih dari 2.800. Dengan jumlah ini CDNetworks ingin memastikan jangkauan jaringan yang komprehensif, mengurangi latensi, dan meningkatkan kinerja situs untuk mendukung transformasi digital pada semua sektor ekonomi di Indonesia.

Penambahan PoP akan hadirkan jaringan berkualitas dengan kapasitas terabit-per-detik (Tbps)

Inisiatif untuk menambah PoP diharapkan dapat memperkuat fondasi infrastruktur mereka yang sudah terbangun di tanah air sejauh ini. Sejauh ini, infrastruktur mereka telah mencapai 100 persen cakupan jaringan lokal melalui kemitraan strategis dengan berbagai penyediaiya layanan internet (ISP) di Indonesia, seperti Telin, XL, dan Smartfren.

Melalui penambahan jaringan PoP-nya, CDNetworks memperkuat komitmennya dalam menyediakan jaringan berkualitas terbaik dengan kapasitas terabit-per-detik (Tbps), sehingga siap untuk memenuhi kebutuhan bandwidth di Indonesia yang terus meningkat.

Yien Wu, Head of Sales, SSEA, CDNetworks, menyampaikan “Investasi dan kemitraan strategis kami akan memberdayakan berbagai bisnis dan individu di Indonesia dengan konektivitas yang lancar dan aman, sehingga mempercepat transformasi digital di seluruh wilayah Nusantara”.

CDNetworks 04

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tingkat penetrasi internet Indonesia pada 2024 akan mencapai 79,5 persen dari total populasi nasional. Namun demikian, sebagian besar penyebarannya belum merata karena masih berpusat di Pulau Jawa — karena dipengaruhi oleh kondisi geografis Indonesia yang beragam di setiap daerah.

Selain itu, tingginya serangan siber juga dapat menghambat transformasi digital, meskipun Indonesia memiliki perkembangan sektor e-commerce yang diproyeksikan memiliki pertumbuhan terbesar di dunia dengan mencapai angka 30,5 persen di 2024. Hal ini semakin menunjukkan urgensi pemerataan jaringan internet yang aman dan stabil.

Pemain industri teknologi global dengan pengalaman lebih dari 20 tahun ini telah menyediakan berbagai solusi teknologi terdepan untuk memungkinkan bisnis meningkatkan kinerja dan keterandalan situs dan aplikasi mereka. Salah satu layanan utama CDNetworks adalah Cloud Security 2.0 yang meliputi Web Application and API Protection (WAAP) — solusi tangguh untuk perlindungan aplikasi, web dan API, mitigasi bot, WAF, perlindungan API, dan perlindungan dari serangan DDoS.

20 scrubbing center CDNetworks di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia

Selain itu, CDNetworks juga telah mendirikan 20 scrubbing center secara global; salah satunya berada di Indonesia, dengan kapasitas total lebih dari 15 Tbps. Scrubbing center inilah yang memungkinkan CDNetworks memastikan jaringan tanpa gangguan, melindungi mitranya dari serangan DDoS, serta didukung oleh tim ahli yang tersedia 24 jam untuk memberikan bantuan.

CDNetworks berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jaringan tercepat dan teraman di Asia Tenggara melalui penambahan infrastruktur secara berkala, persiapan talenta lokal, dan inisiatif kerja sama dengan pemerintah dalam memastikan regulasi yang berlaku demi tercapainya proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia hingga 800 persen pada 2030.

“Sebagai negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi digital yang pesat, Indonesia merupakan pasar penting bagi CDNetworks. Oleh karena itu, kami berharap dapat menjadi bagian dari pembangunan bangsa dengan membantu memperkuat fondasi ekonomi digital secara berkelanjutan,” ujar Riyan Baharudin, Regional Sales Director, CDNetworks Indonesia.

CDNetworks 03

Meskipun pasar CDN di Indonesai saat ini sudah dihuni pemain mapan seperti Akamai atau CloudFlare, pihak CDNetworks tentunya sudah menyiapkan strategi diferensiasi untuk dapat bersaing di tanah air. Secara keseluruhan, CDNetworks menawarkan kombinasi yang menarik antara harga yang kompetitif, fitur yang lengkap, dukungan pelanggan yang baik, dan inovasi yang terus menerus. Ini menjadikan CDNetworks bisa menjadi pilihan menarik bagi bisnis di Indonesia yang ingin meningkatkan kinerja dan keamanan web mereka.

Beberapa perusahaan di Indonesia juga telah menggunakan solusi mereka, diantaranya Citilink, MRT Jakarta, Faspay, TVRI, MNC Pictures, Circle-K, Ruangguru, dan lainnya. Kedepannya, CDNetworks juga memiliki misi untuk membantu lebih banyak perusahaan dan mendorong transformasi digital Indonesia.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,


COMMENTS