October 27, 2023

Perkuat Ekosistem Digital, Data Center Telkom Hadir di Banda Aceh. Jadi neuCentrIX ke-6 di Wilayah Sumatra

Penulis: Iwan RS
Perkuat Ekosistem Digital, Data Center Telkom Hadir di Banda Aceh. Jadi neuCentrIX ke-6 di Wilayah Sumatra  

Mobitekno – Telkom resmi menambah data center keenam yang berlokasi di Banda Aceh dengan menghadirkan neuCentrIX. Pengoperasian data center ini bertujuan untuk memperluas ekosistem dan infrastruktur digital yang ada di ujung Pulau Sumatra.

Seperti diketahui, neucentrIX Aceh menambah eksistensi Telkom neucentrIX di pulau Sumatra, antara lain neucentrIX Medan Centrum (Sumut), Tanjung Karang (Lampung), Pekanbaru (Riau), Batam Center (Riau), dan Talang Kalapa (Sumsel).

Telkom neuCentriIX Banda Aceh 02
(Ki-Ka) Ketua Pengurus Wilayah APJII Sumatra Utara-Aceh Ferdiansyah; Komisaris PT Acehlink Media Muhammad Rusdi; Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono; Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko; General Manager Witel Aceh Teuku Fauzan; Direktur PT Acehlink Media Ikhsan saat peresmian neuCentrIX Banda Aceh, beberapa waktu lalu.

Peresmian yang dilaksanakan beberapa waktu lalu tersebut turut dihadiri oleh Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, serta Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) wilayah Sumatra Utara-Aceh.

Telkom: Seluruh data center neuCentrIX telah menyediakan aspek 3S

Dalam sambutannya, Bogi Witjaksono menyampaikan bahwa seluruh data center neuCentrIX di Indonesia telah memiliki 3S (Standart, Secure, Simple).
“Begitupun juga dengan neuCentrIX Banda Aceh yang telah memiliki tingkat security berlapis untuk mendukung keamanan serta kenyamanan pelanggan,” ujar Bogi.

Telkom neuCentriIX Banda Aceh 06
Data cener Telkom ini akan berperan mendukung ekosistem dan ifrastruktur digital di wilayah ujung utara pulau Sumatra dan wilayah barat Indonesia.

Lebih lanjut Bogi mengatakan, sudah banyak instansi pemerintahan yang menggunakan layanan neuCentrIX Meruya dan Karet, Jakarta. Hal ini menggambarkan bahwa neuCentrIX telah berevolusi untuk melayani pemain digital telco hingga pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pula seremoni komersialisasi neuCentrIX Banda Aceh yang menandakan kesiapan data center melayani kebutuhan market area Aceh dan sekitarnya.

Telkom dukung digitalisasi di provinsi Aceh

Sejalan dengan program prioritas pemerintah dalam mewujudkan digitalisasi Indonesia, neuCentrIX Banda Aceh kini menjadi data center pertama yang mengolaborasikan government service dan Internet Service Provider (ISP) lokal yaitu Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Aceh Barat (Diskominsa) dan PT Acehlink Media.

Telkom neuCentriIX Banda Aceh 03
Direktur Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko (dua kiri) bersama Direktur Wholesale & International Service Telkom Indonesia, Bogi Witjaksono menandatangani prasasti peluncuran data center Telkom di provinsi Aceh (18/10/2023).

Sebagai market leader edge, neuCentrIX secara resmi hadir di 18 kota besar di Indonesia dan siap mendorong ekosistem digital. Bukan hanya diperuntukan kepada perusahaan teknologi maupun telekomunikasi, kehadirannya data center juga dapat memenuhi kebutuhan pemerintaha terkait dengan infrastruktur data center yang andal dan aman.

Untuk melakukan pemesanan (booking) dan mendapatkan informasi yang ebih lengkap terkait data center ini, dapat mengunjungi https://mycarrier.telkom.co.id/cloud-data-center/neucentrix-dc/neucentrix-data-center.

Layanan yang ditawarkan

Data center Telkom menawarkan berbagai layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis di wilyahnya berada. Adapun layanan yang ditawarkan olehnya antara lain layanan colocation, konektivitas (akses internet), Internet Exchange (terhubung dengan berrbagai layanan berbagai operator), dan cloud service.

Layanan colocation memungkinkan pelanggan untuk menempatkan peralatan IT mereka di data center Telkom dengan level keamanan, keandalan, dan kinerja yang tinggi.

Layan Layanan internet exchange memungkinkan pelanggan untuk saling terhubung secara langsung melalui data center Telkom yang menawarkan berbagai manfaat, termasuk efisiensi biaya, peningkatan kinerja, dan peningkatan keandalan.

Telkom neuCentriIX Banda Aceh 04

Yang juga tidak kalah penting adalah layanan cloud service dari data center Telkomi juga memungkinkan para pelanggannya dapat mengakses layanan cloud dari berbagai penyedia cloud global, sepert Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform.

Dengan memiliki banyak data center, Telkom dapat semakin dekat dengan para pelanggannya. Dengan adanya data center di Indonesia Timur, masyarakat yang bertempat tinggal di sana akan lebih mudah mengakses website.

Selain itu, bisnis data center dinilai Telkom memiliki potensi besar ke depan. Bisnis data center memiliki potensi besar di Indonesia seiring dengan pesatnya transformasi digital. Oleh karenanya, Telkom akan berkomitmen untuk mengkonsolidasikan dan menstandardisasi seluruh data center mereka di Indonesia.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS