September 12, 2024

PaDi UMKM Hadirkan Fitur Tender Kilat untuk Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan BUMN yang Cepat dan Transparan

Penulis: Iwan RS
PaDi UMKM Hadirkan Fitur Tender Kilat untuk Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan BUMN yang Cepat dan Transparan 

Mobitekno – Salah satu platform Business to Business (B2B) unggulan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PaDi UMKM menghadirkan fitur baru pada layanannya bernama Tender Kilat. Fitur Tender Kilat mampu membantu penjual dan pembeli di PaDi UMKM untuk mendapatkan pengalaman yang lebih cepat dan transparan saat berjualan maupun membeli barang dan jasa.

Fitur Tender Kilat sebagai rebranding dari fitur Request for Quotation (RFQ) di platform PaDi UMKM, dirancang untuk memudahkan pembeli dalam mengajukan permintaan dan mempermudah penjual dalam menawarkan produk dan jasa yang ada di etalase maupun disesuaikan dengan permintaan pembeli.

Melalui fitur Tender Kilat, pembeli hanya perlu membuat permintaan atas barang dan jasa yang dibutuhkan tanpa perlu mencari di PaDi UMKM, kemudian pembeli tinggal memilih penawaran yang paling cocok dan melakukan proses negosiasi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tender Kilat 01

Sementara bagi penjual, Tender Kilat online milik PaDi UMKM mempermudah pelaku usaha untuk mendapatkan pelanggan. Penjual dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa di perusahaan-perusahaan besar dan meraup keuntungan lewat permintaan yang diajukan oleh pembeli di Tender Kilat.

Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom menyatakan bahwa Telkom selalu berkomitmen untuk terus menghadirkan fitur-fitur inovatif di setiap produk digitalnya yang dapat mempercepat fungsi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

“Melalui platform PaDi UMKM yang kini telah dilengkapi dengan fitur Tender Kilat, semakin membuktikan peran kami dalam mempercepat ekosistem digital yang mudah dan memberikan keuntungan bagi UMKM maupun instansi yang tergabung di PaDi UMKM,” tambahnya.

Lebih lanjut, PaDi UMKM merupakan bagian dari Leap Telkom Digital yang mengusung tata kelola transaksi transparan dengan penjual yang terverifikasi dan terpercaya. Semua transaksi di Tender Kilat dapat dimonitor bersama oleh penjual maupun pembeli di dalam satu dashboard yang mudah dipahami. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu khawatir untuk bertransaksi di PaDi UMKM karena transparansi yang ada di fitur Tender Kilat.

Tender Kilat 04

Transparansi dalam pengadaan barang dan jasa di BUMN bukan hanya sekedar kewajiban, tetapi juga merupakan investasi untuk masa depan perusahaan. Dengan menerapkan prinsip transparansi, BUMN dapat meningkatkan kinerja, membangun reputasi yang baik, dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi negara.

Faktor penting lainnya adalah akuntabilitas. Apabila transparansi memastikan semua proses pengadaan dapat dilihat oleh banyak pihak, maka akuntabilitas memastikan bahwa setiap pihak yang terlibat dapat bertanggung jawab atas tindakannya.

Baik transparansi maupun akuntabilitas adalah dua sisi mata uang yang sama pentingnya dalam pengadaan barang dan jasa di BUMN. Dengan menerapkan kedua prinsip ini, BUMN dapat memastikan bahwa pengadaan dilakukan secara efisien, efektif, dan bebas dari korupsi.

Tender Kilat Online PaDi UMKM telah memenuhi kebutuhan pengadaan 62 BUMN

Sejak kehadirannya hingga saat ini, Tender Kilat sudah dimanfaatkan oleh 62 BUMN untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa, termasuk PT Jasa Marga. Senior Officer Jasa Marga Learning Institute Titin Rahmah mengungkapkan bahwa tugasnya dalam memenuhi kebutuhan pelatihan internal perusahaan sangat terbantu berkat Tender Kilat di PaDi UMKM. Jasamarga menggunakan fitur Tender Kilat untuk mempercepat proses pengadaan barang sehingga dapat menghemat waktu dan biaya secara signifikan.

“Peran saya mencakup segala kebutuhan pelatihan internal, seperti kebutuhan kantor, spanduk, tiket pesawat, hotel, hingga layanan katering. Kami juga memiliki studio khusus untuk pembelajaran online sehingga kami memerlukan kamera dan peralatan elektronik lainnya. Kami memilih bertransaksi melalui PaDi UMKM untuk memenuhi segala kebutuhan tersebut dan semakin mudah berkat kehadiran fitur Tender Kilat,” ungkap Titin.

Tender Kilat 03

Tender Kilat online menjadi bukti nyata komitmen PaDi UMKM untuk terus berinovasi dan menjadi ekosistem digital unggulan yang mendukung pertumbuhan bisnis dalam negeri, serta menjadi platform pengadaan ke perusahaan besar seperti BUMN, dengan tujuan memudahkan perusahaan memenuhi kebutuhan barang dan jasa.

Tidak hanya PaDi UMKM, Leap Telkom Digital juga memayungi berbagai produk dan layanan digital unggulan Telkom lainnya untuk mengakselerasi ekosistem digital yang merata di Indonesia. Sebagai payung bagi berbagai produk dan layanan digital unggulan Telkom, Leap menjadi satu wadah yang mengintegrasikan berbagai inovasi teknologi yang dimiliki Telkom, sehingga lebih mudah diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS