February 12, 2024

Waspada Sleep Apnea? Galaxy Watch Bisa Mendeteksinya Saat Anda Tidur!

Penulis: Rizki R
Waspada Sleep Apnea? Galaxy Watch Bisa Mendeteksinya Saat Anda Tidur!  

Mobitekno – Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat telah memberikan persetujuan untuk fitur deteksi sleep apnea pada perangkat Galaxy Watch, demikian ungkap Samsung. Ini merupakan persetujuan pertama dari Galaxy Watch di AS, sementara pejabat Korea Selatan sebelumnya telah menyetujui fitur serupa untuk digunakan di negara tersebut.

Samsung berencana untuk meluncurkan alat pemantauan sleep apnea pada perangkat wearable Galaxy Watch yang kompatibel pada kuartal ketiga tahun ini. Fitur ini akan diintegrasikan melalui aplikasi Samsung Health Monitor.

Sleep apnea

Dengan fitur ini, pengguna yang berusia 22 tahun ke atas dan belum didiagnosis menderita sleep apnea dapat memeriksa tanda-tanda kondisi ini menggunakan jam tangan pintar dan ponsel mereka. Proses pemeriksaan akan mencari tanda-tanda sleep apnea obstruktif (obstructive sleep apnea atau OSA) dari sedang hingga berat selama periode pemantauan dua malam. Pengguna hanya perlu melacak tidur mereka selama lebih dari empat jam sebanyak dua kali selama periode sepuluh hari untuk menggunakan fitur ini.

Sleep Apnea Tingkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

OSA adalah kondisi umum dan kronis yang mempengaruhi sekitar 25% pria dan sepuluh persen wanita di Amerika, menurut National Sleep Foundation. Penderita cenderung mengalami gangguan pernapasan saat tidur, yang dapat merusak kualitas tidur, mengurangi pasokan oksigen, dan menyebabkan kelelahan lebih besar di siang hari.

Galaxy Watch 02

Galaxy Watch 03

Samsung mencatat bahwa jika tidak diobati, sleep apnea dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, penyakit arteri koroner, gagal jantung, aritmia jantung, dan stroke. Oleh karena itu, fitur ini diharapkan dapat membantu lebih banyak orang mendeteksi kondisi sedang dan parah, serta mengambil langkah-langkah medis yang sesuai.

Versi lain dari fitur serupa telah diperkenalkan dalam upaya Samsung untuk meningkatkan kualitas tidur pelanggannya. Pada tahun 2020, Withings telah menghadirkan fitur deteksi apnea tidur pada matras pelacakan tidurnya. Dengan langkah-langkah inovatif ini, Samsung terus berupaya memberikan solusi yang lebih baik bagi pengguna untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas.

Tags: , , , , ,


COMMENTS